News

Bangli Dapat Jatah 400 PJUTS

BANGLI (CAHAYAMAS-NEWS). Pemerintah Kabupaten Bangli melalui  Dinas Perhubungan mendapat jatah Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya(PJUTS) baru sebanyak 400 unit dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Pada hal Bangli membutuhkan 5000 unit PJUTS untuk  penerangan jalan sampai ke desa terutama di wilayah Kecamatan Kintamani.

Menurut Sekdishub Bangli IGN. Alit Miasa saat dikonfirmasi Selasa (07/01/2020) menjelaskan, saat diundang rapat ke Provinsi Bali, dimana Bali memohon PJUTS ke Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral akhirnya Bali diberikan 5000 unit untuk seluruh Bali. Rencananya Bangli akan diberikan 150 unit, namun dalam rapat tersebut memohon agar azas keadilan dijalankan dari 5000 tersebut dibagi 10 untuk 9, kabupaten/kota dan provinsi, akhirnya hanya dapat 400 unit.

“Untuk mendapatkan persetujuan tersebut ditindaklanjuti oleh Bupati Bangli dengan mengirim surat permohonan ke Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Cq  Direktur Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi melalui Propinsi Bali dimana pada intinya dalam rangka percepatan pembangunan, peningkatan perekonomian, dan kesejahteraan masyarakat  di Kabupaten Bangli,” jelasnya.

Bantuan yang didapat kewenangan ada di Kabupaten Bangli, daerah mana yang akan dipasangi PJUTS sesuai  kreteria khususnya menuju jalur Pariwisata dan sosial seperti Jalan Raya Kayuambua menuju Penelokan, itu jalur pariwisata sampai ke Pura Baturnya itu sosialnya atau kepentingan umum. “Kita punya kewenangan untuk mengatur walaupun jalan Propinsi yang penting tempatnya strategis dan jalur pariwiata yang sampai kini belum semuanya bisa dipenuhi, hal itu sudah sesuai titik kordinat berdasarkan hasil surpay,” ujarnya.

Walaupun ada permintaan dari desa yang belum ada  dalam program itu tetap kewenangan dari pimpinan, yang penting asas pemerataan sesuai luas wilayah dari masing-masing kecamatan. Misalnya ada salah satu desa minta diberikan jatah PJUTS, namun tidak ada dalam pengusulan karena kebijakan pimpinan tentunya ada titik yang digeser dalam satu wilayah kecamatan yang bersangkutan, tidak mungkin mengambil jatah wilayah kecamatan lain,” tegasnya seraya menambahkan, berdasarkan hasil surpay daerah Bangli masih perlu 5000 lebih PJUTS untuk penerangan jalan kabupaten hingga desa. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut mengingat APBD Bangli sangat kecil tentunya tetap mengusulkan tiap tahun ke pusat,” pungkasnya.  *** Cahayamasnews.com/Agung Natha.

Facebook Comments