October 23, 2024
Pendidikan

Tak Patuhi Imbauan Belajar di Rumah, Satpol-PP Karangasem Amankan Sejumlah Pelajar

Amlapura (Cahayamasnews). Terkait Pandemi Covid-19 para pelajar di imbau untuk belajar di rumah dan tidak keluar rumah dahulu selama dua pekan demi terhindar dari sebaran virus. Dimana, para siswa ini belajar dengan sistem online yakni para guru memberi tugas melalui grup perpesanan seperti yang ada di aplikasi WhatsApp. Namun sebagian pelajar yang membandel justru memanfaatkan moment ini untuk berlibur atau bermain keluar rumah. Satuan Polisi Pamong Praja Karangasem, menggelar sidak dan mengamankan sejumlah pelajar, Kamis, (19/3).

Sejumlah anggota Sat Pol PP Karangasem bersama Kasi Oprasi dan Pengendalian Satpol PP Karangasem, I Gede Arianta  Pariatna menyasar lima titik lokasi yakni Taman Bermain Jagat Karana, Taman Air Tirtagangga, Lapangan Budaya Taman Kota Amlapura, Lapangan Tanah Aron dan Pusat Perbelanjaan Arta Sedana Karangasem. Lebih lanjut I Gede Arianta menyebutkan, penertiban ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati No. 762 tahun 2020 terkait dengan hari libur selama 14 hari, tentang tindak lanjut terkait Virus Corona. “Sasaran utamanya adalah siswa pelajar terkait dengan hari libur selama 14 hari, kadang-kadang siswa itu salah persepsi dengan libur kali ini. Libur di sini bukan berarti dia bebas berlibur ini perlu kita kembali sosialisasikan bahwa pelajar diliburkan untuk belajar di rumah bukan berarti bisa bermain atau berkunjung ke tempat wisata,” ujarnya.

Tindakan tegas yang diambil jajaran Satpol-PP ini adalah bertujuan membina para pelajar ataupun orang tua yang membawa anaknya untuk berlibur ini dicatat dan diberikan sosialisasi serta memulangkannya. “Kami catat dulu, kalau terlalu banyak siswa dari salah satu sekolah, mungkin akan kami koordinasikan ke kepala sekolahnya,” ujarnya. Pada kegiatan tersebut, Sat Pol PP berhasil mengamankan sejumlah siswa yang saat itu, tengah menikmati akses internet gratis entah untuk sekedar bermain game atau memang benar-benar belajar.

Mereka berkumpul di salah satu bangunan di Taman Bermain Jagat Karana. Tanggapi hal ini, dengan sigak Satpol-PP berkoordinasi dengan pemilik internet untuk memutus sementara internet gratis di objek wisata. “Kami memutuskan untuk menutup sementara internet gratis di objek wisata selama libur ini dan itu sudah dikoordinasikan kepada  pemilik internet yakni Biznet. Jangan sampai alasan dari siswa untuk mencari internet karena di sana anak-anak dan orang yang tidak dikenalnya dari berbagai daerah berkumpul di satu titik kumpul,” katanya. *** Cahayamasnews.com/Tim-01-02.

Facebook Comments

error: Content is protected !!