October 24, 2024
News

Antisipasi  Penyebaran Covid-19, Perbekel Tegalinggah Kumpulkan Staf Sosialisasi SE Gubernur

Amlapura (Cahayamasnews). Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) kian meluas, berbagai upaya dilakukan pemerintah, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten/kota hingga ke tingkat perangkat paling bawah. Tak kecuali Provinsi Bali, dimana Gubernur Bali Wayan Koster telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) kepada bupati/walikota se-Bali hingga ke tingat desa. Hal ini dilakukan dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus mematikan itu semakin meluas. Seperti yang dilakukan Perbekel Desa Tegalinggah Kecamatan Karangasem, Jumat 20 Maret 2020 langsung mengumpulkan seluruh staf  sampai Kadus dan BPD guna melaksanakan SE tersebut.

Kepala Desa Tegalinggah I Gede Sudiarsa mengatakan, bahwasannya Surat Edaran (SE) dari pemerintah tersebut perlu disampaikan ke masyarakat terkait mengantisipasi atau pencegahan  penyebaran Corona. Salah satunya pola hidup sehat dengan memakan makan berprotein dan olah raga mengurangi aktivitas di luar yang tidak penting, serta mengurangi kontak dengan banyak orang. “Imbauan ini sangat penting diketahui masayatakat, terutama warga Desa Tegalinggah demi kebaikan dan keselamatan kita semua,” ujarnya seraya meminta kepada semua kadus  agar secepatnya bisa menyampaikan isi dari SE itu ke warga, baik denga cara melaksanakan paruman, bahkan melalui pengeras suara yang ada di balai banjar masing-masing.

Mengantispasi penyebaran virus adalah tugas besama. Pihaknya berharap kepada seluruh warga Desa Tegalinggah khususnya,  untuk senantiasa menjaga kebersihan dan mengurangi keluar rumah jika tidak terlalu penting, selalu menggunakan masker di saat bepergian. Pihaknya juga melakukan pembagian masker gratis kepada warganya di tengah kelangkaan stok masker. “Masker yang dibagikan ini adalah sisa bantuan dari bencana erupasi Gunung Agung. Untuk para stafnya diberikan keleluasaan bekerja di rumah masing-masing, namun kapanpun diperlukan mereka harus siap datang ke kantor,” tegasnya.

Lebih jauh Sudiarsa menjelaskan, Desa tegalinggah dengan jumlah 3.086 orang terbagi 5 banjar dinas yakni: Banjar Dinas Nyuling, Cermen Balepunduk  Kaler termasuk Banjar Siledumi,  Balepunduk Kelod, dan Banjar Tegalinggah. “Saya berharap kepada seluruh kelian dusun untuk sementara waktu agar tidak menerima tamu dari luar wilayah kedesaan Tegalinggah, demi keamanan dan keselamatan kita. mari bersama – sama untuk mengataisipasi penyebaran virus itu, dengan selalu mengikuti petunjuk dari pemerintah dengan disiplin dan kesadaran yang tinggi. Pun, mari kita bersama – sama ciptakan  siap sehat, siap selamat, dan siap menyelamatkan,” katanya.

Sementara itu terkait prosesi pengarakan ogoh-ogoh terkait hari raya Nyepi, di Desa Tegalinggah ditiadakan. Hal itu mengacu pada imbaun dari PHDI yang diterima dan patut ditindakan lanjuti, dan dilaksanakan bersama-sama, demi keamana, kebaikan, dan keselamatan masyarakat Desa Tegalinggah khususnya. *** Cahayamasnews.com/Hms-Tim-01

Facebook Comments

error: Content is protected !!