October 26, 2024
News

Wabup Artha Dipa Motivasi Satgas Covid-19 Desa Bungaya Kangin, Ajak Masyarakat Disiplin Jalankan Imbauan Pemerintah

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Sebelum menemui para PMI, didampingi Kadis Kesehatan, Camat Bebandem dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karangasem , Wabup Artha Dipa bergerak ke Desa Bungaya Kangin. Sesampai di Bungaya Kangin, Artha Dipa disambut Perbekel Bungaya Kangin, I Gede Krisna Adiwidana selaku Ketua Saba Desa, Ketua Satgas Desa Bungaya dan langsung meninjau Posko Komando Relawan Desa Bungaya Kangin,di Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem. Perbekel Bungaya Kangin Ida Bagus Nyoman Sudira mengungkapkan, kehadiran Wakil Bupati Artha Dipa sangat memotivasi dirinya bersama para relawan dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini.

Sudira menyampaikan, keluarga PMI asal Desa Bungaya Kangin sudah melakukan isolasi mandiri selama waktu yang dianjurkan oleh pemerintah.  “Sekarang harusnya sudah selesai masa karantina mandiri, tapi mereka masih mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalau pun harus keluar rumah, mereka tetap menggunakan masker, menjaga jarak saat berbicara dengan orang lain sesuai aturan dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Dilaporkan, ada 19 orang dari 7 kepala keluarga yang melakukan karantina mandiri. Mereka sudah melakukan rapid tes dan hasilnya negatif. “Saya mempunyai inisiatif mandiri mencarikan donatur untuk memenuhi kebutuhan yang terdampak (yang terisolasi),” imbuhnya. Sudira meminta pemerintah memberikan bantuan masker kain yang bisa dicuci dan dipakai berulang kali. Karena saat ini permasalahannya banyak masyarakat yang menggunakan masker sekali pakai.

“Saya berharap dari pemerintah memberikan masker kain agar meringankan masyarakat,” imbuhnya. Wabup Artha Dipa mengapresiasi para satgas Desa Bungaya yang telah bekerja keras dan ikhlas dalam menyediakan kebutuhan masyarakat yang terdampak covid secara langsung maupun tidak langsung di Desa Bungaya Kangin. “Saya berharap antara masyarakat dan pemerintah saling bekerjasama, karena ini yang paling penting. Saya harap masyarakat harus taat dalam menjalankan imbauan pemerintah,” ucapnya seraya menambahkan, menurut penjelasan dari seorang professor, untuk menghadapi virus ini harus berfikir positif.

Pikiran negatif justru akan memunculkan ketakutan dan kepanikan berlebih yang membuat ketakutan pada masyarakat dan jadi lebih mudah terserang virus. Selain melakukan berbagai tindakan pencegahan, Artha Dipa menghimbau masyarakat mengimbangi diri dengan lebih dekat dengan Tuhan untuk memohon kesehatan dan keselamatan. “Mari kita edukasi masyarakat, agar masyarakat bisa menerima dengan baik, jangan mengucilkan, dan menyudutkan mereka yang diisolasi mandiri,” harapnya seraya menyerahkan masker sebanyak 100 pcs dan sumbangan dari dana pribadi untuk masyarakat yang terdampak covid di Desa Bungaya Kangin. *** Cahayamasnews.com/Hms/Tim-01

Facebook Comments

error: Content is protected !!