October 24, 2024
News

Pandemic Covid 19 Masih Mewabah, Ketua DPRD Dorong Exekutif Penuhi Anggaran Penanganan Covid 19 dan TPP Bagi ASN Dalam KUPA 2020

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Dalam Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) Tahun Anggaran 2020, Dewan Karangasem mendorong Bupati Karangasem untuk memenuhi kebutuhan anggaran Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) bagi ASN yang belum dianggarkan oleh eksekutif sesuai ketentuan yang berlaku. Demikian disampaikan  Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana, S.Pd, M.Si., usai memimpin rapat Banmus dalam menyusun jadwal pembahasan APBD Perubahan, Rabu, (2/9/2020) di Gedung DPRD Karangasem.

Masih belum melandainya kurva pandemi Covid-19 di Indonesia termasuk Bali hingga Triwulan III Tahun 2020 yang berdampak, baik sosial maupun ekonomi masyarakat. Bahkan, dalam kebijakan tatanan kehidupan hidup baru (new normal) yang sudah digulirkan pemerintah termasuk membuka kunjungan wisatawan domestik ke Bali belum menunjukkan dampak yang signifikan bagi pemulihan ekonomi masyarakat.

Pemenuhan kebutuhan TPP ASN juga memiliki dampak bagi perputaran kebutuhan ekonomi domestik masyarakat, sehingga daya beli masyarakat meningkat dan ada perputaran ekonomi di Karangasem. Selain itu Ketua DPRD Gede Dana juga menekankan agar anggaran untuk penanganan Covid-19 harus menjadi prioritas, mengingat wabah Corona masih berkepanjangan hingga saat ini.

“Prioritasnya seperti penanganan kesehatan untuk penanganan Covid-19, Jaring Pengamanan Sosial (JPS), maupun penguatan ekonomi masyarakat. Ketiga hal prioritas tadi hendaknya benar-benar disiapkan oleh pihak eksekutif, sehingga masyarakat Karangasem merasa terlindungi  dari dampak wabah Corona serta terpenuhinya kebutuhan ekonomi masyarakat,” ujar Ketua DPRD Gede Dana. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!