October 25, 2024
News

Hektaran Hutan  Lindung di Kawasan Desa Pinggan, Kintamani Terbakar

BANGLI (CAHAYAMASNEWS). Berbeda halnya dengan cuara di Kota Bangli, dari hasil pemetaan, daerah Kintamani masih memegang rangking sebagai kawasan paling rawan bencana. Bencana alam yang sering mengancam, kebakaran hutan seperti yang terjadi sebelumnya di kawasan hutan wilayah Bukit Payang, Desa Batur Tengah, Kintamani, kini beralih ke Desa Pinggan. Akibat amukan si jago merah ini, sedikitnya lima hektar hutan hangus Rabu (14/10/2020).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, api kali pertama diketahui oleh seorang warga bernama Ni Ketut Ciri (50) alamat Desa. Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli sekitar pukul 10.00 Wita pelapor melihat kepulan asap dari lereng hutan Desa Pinggan dan pelapor langsung memberitahu masyarakat sekitar untuk memadamkan api.

Namun kata pelapor, titik kebakaran sangat sulit dijangkau, sehingga mengakibatkan kebakaran meluas hingga ke hutan Banjar Paketan, Desa Sukawana dan diperkirakan lahan yang terbakar mencapai kurang lebih 5 hektar. Personil yang ikut dalam proses pemadaman api terdiri dari kepolisian 4 personil, Dinas pemadam kebakaran 14 personil dengan 2 mobil pemadam, TNI 7 orang, termasuk dibantu warga sekitar*** Cahayamasnews.com/Agung Nata.

Facebook Comments

error: Content is protected !!