October 26, 2024
News

DISPUSTAKA KARANGASEM GELAR LOMBA MESATUA BALI KHUSUS WANITA

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Serangkain kegiatan Bulan Bahasa Bali 2021, Dinas Perpustakaan dan K earsipan (Dispustaka) Kabupaten Karangasem, sebagai pusat literasi, turut berperanserta berpartisipasi sesuai misinya meningkat literasi masyarakat. Kegitatan tersebut wujudkan emansipasi kaum wanitanya berupa kegiatan lomba Mesatua (cerita) Bali secara virtual khusus bagi ibu-ibu PKK Desa se-Kabupaten Karangasem. Kata Astika di ruang kerjanya, Senin (15/2), tema lomba “Nyujur Jiwa Paripurna Melarapan Antuk Bulan Bahasa Bali”.

Dijelaskan Astika, ketentuan lomba, pendaftaran tidak dipungut biaya. Tiap PKK Desa mengirim maksimal 1 peserta lomba. Peserta menyediakan soft file untuk mengisi formulir pendaftaran yakni, nama, alamat email, No. WA, No. KTP Katagori lomba yang diikuti. Peserta harus mengisi formulir pendaftaran dan memilih kategori lomba yang diinginkan. Link formulir dapat diakses pada shortlink berikut : https://bit.ly/masatuabalipkkdesa21

Pendaftaran ditutup pada tanggal 16 Pebruari 2021. “Peserta akan mendapatkan nomor peserta sehari setelah melakukan pendaftaran yang akan dikirim via WA. Nomor peserta diprint dengan ukuran A5 kemudian dipasang di dada saat proses perekaman video dan pengambilan foto,” ujar Astika. Peserta mengirimkan file video dan foto ke email dispustaka21@gmail.com. Jika ukuran melebihi 25Mb, silakan unggah lebih dulu ke Google Drive, kemudian kirimkan link video ke alamat email dispustaka21@gmail.com.

Pengiriman video dan foto paling lambat tanggal 20 Pebruari  2021. Subject email: Kategori Lomba_Nama Lengkap Peserta_Asal Desa contoh: Lomba Mesatua Bali_Ni Wayan Made Nyoman_PKK Desa ……….Video dan foto merupakan milik pribadi, orisinil, serta belum pernah dipublikasikan media apapun dan belum pernah diikutsertakan pada lomba lainnya. Jika ditemukan plagiasi, panitia berhak menggugurkan peserta.

Karya tidak mengandung unsur provokasi kekerasan, SARA, sadistik, dan pornografi. Peserta bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan materi dalam karya yang berasal dari pihak ketiga (soundtrack musik maupun gambar). Hak cipta atas video dan foto menjadi milik peserta, namun Panitia Lomba memiliki hak untuk menggunakan karya-karya video dan foto yang dilombakan untuk kepentingan pameran dan publikasi.

Persyaratan lomba mesatua Bali yang dikirim. Naskah mesatua Bali adalah cerita rakyat Bali tentang sikap jujur, eligius, peduli lingkungan, tanggungjawab,  disiplin, kerja Keras dan kreatif. Perekaman mesatua Bali utuh (dari awal hingga akhir dalam format video (audiovisual). Perekaman video bisa menggunakan handphone/ camcorder/DSLR. Bentuk video Landscape memiliki resolusi standar minimal 540 p. Durasi maksimal 10 – 15 menit. Tata busana, menggunakan Adat Bali Madya.

Lokasi, indoor atau outdoor dengan cahaya yang memadai untuk menunjukkan ekspresi. Diperkenankan melakukan improvisasi seperlunya. Tidak diperkenankan menggunakan make up terlalu tebal. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Kriteria Penilaian Lomba Mesatua Bali. Keutuhan satua, vokal (kekuatan/ketepatan ucapan, variasi bunyi, nada). Kemampuan bercerita (penampilan, penguasaan ruang, narasi, karakter), penghayatan (ekspresi, mimik, gerak). Bahasa (anggah-ungguhing basa, kelengutan basa).

Pemenang lomba, juara I, II, III dan favorit, mendapatkan hadiah, piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Untuk Informasi dapat menghubungi :Ni Nyoman Ratih Amerta Sari ( HP. 085792153465), Tjok Gede Bayu Udi Prayutha (Hp. 083114603860) dan Adhi K Wijaya (HP. 081772353727). Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba akan diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 25 Pebruari 2021, tempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karangasem. *** Cahayamasnews.com = Penulis, Komang Pasek Antara.

Facebook Comments

error: Content is protected !!