October 25, 2024
News

LIMA PERPUSTAKAAN DI KARANGASEM IKUT AKREDITASI TINGKAT NASIONAL

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Meskipun masa Pandemi Covid-19, lima perpustakaan di Kabupaten Karangasem mengikuti akreditasi tingkat nasional tahun 2021. Tiga di antaranya perpustakaan pada satuan pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Karangasem lainnya Perpustakaan Umum Kabupaten Karangasem. Perpustakaan “Puri Wikan” Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis, Karangasem. Ketiga sekolah tersebut meliputi SMPN 2 Selat, Kecamatan Selat SMPN 2 Rendang, Kecamatan Rendang, dan SDN 1 Bebandem, Kecamatan Bebandem.

Bagi Perpustakaan Umum Kabupaten Karangasem, akreditasi kali ini untuk kali kedua setelah diakreditasi nasional tahun 2020 lalu. Sedangkan tahun 2020 lalu, SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem berhasil meraih akreditasi tingkat nasional predikat C. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Karangasem, Drs. I Wayan Astika, M.Si., beserta staf, Selasa (16/2), melakukan pembinaan akreditasi langsung turun ke SMPN 2 Selat dan SMPN 2 Rendang.

Akreditasi bidang perpustakaan lanjut Astika, adalah rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi yang menyatakan bahwa suatu lembaga telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan sertifikasi tertentu. Astika mengharapkan, perpustakaan yang diakreditasi, agar menyiapkan diri memenuhi persyaratan administrasi. Dan pihaknya akan terus melakukan pembinaan secara berkala meski masih masa Pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan, I Ketut Suardana, SH., menjelaskan, penilain akreditasi meliputi 6 komponen,  koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelengaraan dan penguatan. Semua pengiriman berkas administrasi dikirim ke sekretariat tim penilai Perpustakaan Nasional RI secara online. Kepala SMPN 2 Selat, I Wayan Mustara, menjelaskan, pihaknya siap akan mengikuti akreditasi dengan kondisi perpustakaan yang ada sebagai bahan evaluasi. “Kami memiliki koleksi buku sebanyak 8.680 judul dan 18.265 eksemplar,” jelas Mustara.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Rendang, I Ketut Suparjana, S.Pd., M.Pd., mengatakan, akreditasi ini sebagai wujud harapan agar perpustakaan sebagai pelayanan bagi anak didik mencari informasi lebih mudah, nyaman dan berkualitas. SMPN 2 Rendang, memiliki jumlah koleksi buku 800 judul dengan 1600 eksemplar. Pembinaan akreditasi selanjutnya ke Perpustakaan SDN 1 Bebandem dan “Puri Wikan” Desa Nyuh Tebel akan dilakukan, besok Rabu, (19/2). *** Cahayamasnews.com = Penulis, Komang Pasek Antara.

Facebook Comments

error: Content is protected !!