October 24, 2024
News

Buka Bimtek yang Diikuti Perbekel se-Bangli, Bupati Bangli Ajak Semua Solid dan Jengah Bangun Bagli

Bangli (Cahayamasnews). Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE., didampingi Kadis PMD Kabupaten Bangli Drs. I Dewa Bagus Riana Putra, M.Si. membuka Bimtek sekaligus memberikan materi tentang pengelolaan sampah di desa dan masyarakat. Dalam Bimtek tersebut diikuti oleh Perbekel se-Kabupaten Bangli yang dilaksanakan di Gedung Diklat RSJ Provinsi Bali, Jumat, (21/05/2021).

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, ada beberapa hal yang ditekankan dalam kegiatan Bimtek yang diikuti kepala desa se-Kabupaten Bangli ini yakni bahwasannya semua harus solid, kompak dan jengah untuk membangun Kabupaten Bangli, dan juga kepada seluruh desa bagaimana fokus juga bahwa Kabupaten Bangli adalah hulunya Bali. “Bangli ini adalah tempat yang sangat suci, maka beberapa langkah-langkah strategis harus kita lakukan seperti misalnya bagaimana mengolah sampah di tiap desa,” ujarnya seraya menambahkan, mudah-mudahan dalam sinergitas antara desa dinas dan desa adat akan terjadi dalam rangka bagaimana sampah ini diselesaikan di sumbernya.

Menurutnya tidak usah malu-malu lagi untuk meniru desa-desa yang sudah mampu mengolah sampahnya dan itu bisa menjadi sumber pendapatan desa. Sinergisitas antara desa adat dan desa dinas di Kabupaten Bangli wajib dilakukan. “Saya berharap dengan Bimtek ini bisa mempersatukan komitmen kita bagaimana gerak langkah kita ke depan selalu bersama-sama sehingga kesan Bangli ini dibawah kabupaten lain juga harus kita tinggalkan dan kita siap untuk bangkit bersaing berdaya saing di dalam era kekinian,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadis PMD Kabupaten Bangli Drs. I Dewa Bagus Riana Putra, M.Si., mengatakan, kegiatan Bimtek ini dilaksanakan secara rutin dengan tujuan untuk memberikan semacam advokasi dan edukasi terhadap tupoksinya, baik dari segi positifnya maupun terhadap kebijakan maupun aturan-aturan yang baru yang sulit diketahui oleh perbekel selaku pemegang wilayah di masing-masing desa.

Dalam kegiatan ini dihadirkan beberapa narasumber yang sekiranya bisa membantu mempercepat proses sebuah kebijakan-kebijakan dari gubernur, pusat maupun dari Pemkab Bangli yang secara korsial perlu mempercepat penanganan khusus, seperti penanganan sampah. “Dalam hal ini kita hadirkan narasumber dari Pak Mekel Taru yang begitu bagus secara pelaksanaannya, sehingga menjadi sebuah transpormulis kepada perbekel-perbekel untuk bisa diterapkan di masing-masing desanya, sehingga sampah itu tuntas di sumbernya. Sedangkan narasumber yang lainya sifatnya masih berbicara tentang tata kelola pemerintahan desa. @@@ Cahayamasnews.com=Hms-Tim.

Facebook Comments

error: Content is protected !!