October 24, 2024
News

EMPAT PERPUSTAKAAN DI KARANGASEM RAIH AKREDITASI TINGKAT NASIONAL

Amlapura (Cahayamasnews). Strategi yang diterapkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Karangasem bersinergi dengan mitra kerja dalam pengelolaan perpustakaan di Kabupaten Karangasem menyiasati masa Pandemi Covid-19, tampak menuai keberhasilan. Betapa tidak, tahun 2021 ini, dari lima perpustakaan yang diajukan oleh Dispustaka Karangasem untuk penilaian akreditasi tingkat nasional. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia hasil penilaiannya menetapkan empat layanan perpustakaan di Kabupetn Karangasem terekreditasi dengan nilai C.

Empat perpustakaan tersebut yakni, Perpustakaan Umum Karangasem yang dikelola Dispustaka Karangasem, Perpustakaan “Puri Wikan” Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis, Perpustakaan “Swetha Swatara” SMPN 2 Selat, Kecamatan Selat, dan SDN 1 Bebandem, Kecamatan Bebandem. Satu sekolah SMPN 2 Rendang yang ikut diajukan untuk penilaian akreditasi tingkat nasional belum berhasil terakreditasi. Perpustakaaan “Puri Wikan” Desa Nyuh Tebel, satu-satunya layanan perpustakaan desa di kabupaten yang pertama raih akreditasi tingkat nasional.

Sebelumnya, tahun 2020 lalu, Dispustaka mengajukan beberapa perpustakaan sekolah, desa dan Perpustakaan Umum Kabupaten Karangasem untuk penilaian akreditasi tingkat nasional, hanya berhasil diraih SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem dengan predikat C.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaaan Kegemaran Membaca , I Ketut Suardana, SH., Jumat (21/5/2021) menjelaskan, penilain akreditasi meliputi enam komponen, yakni, koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelengaraan dan penguatan. Semua pengiriman berkas administrasi dikirim ke sekretariat tim penilai Perpustakaan Nasional RI secara online. Belajar dari kegagalan penilain akreditasi tahun 2020 lalu, jajaran Dispustaka Karangasem, melakukan evaluasi melalui pembinaan secara berkala ke sentra-sentra layanan perpustakaan dan sistem magang di Perpustakaan Umum Kabupaten Karangasem.

Sementara itu Kepala Dispustaka Karangasem, Drs. I Wayan Astika, MSi., Jumat (21/5/2021) mengatakan akreditasi bidang perpustakaan adalah rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi yang menyatakan bahwa suatu lembaga telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan sertifikasi tertentu. Kepala SMPN 2 Selat, I Wayan Mustara melalui chat Watsapp, merasa bersyukur sekali perpustakaan sekolahnya terakrditasi pada masa Pandemi Covid-19, dan mudahan ke depannya perpustakaannya lebih baik lagi. Kini, Perpustakaan SMPN 2 Selat memiliki koleksi buku sebanyak 8.680 judul dan 18.265 eksemplar.

Sementara itu, Perbekel Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis, Ir. I Ketut Mudra, yang perpustakaannya “Puri Wikan” raih akreditasi mengatakan melalui chat Watsapp, Jumat (21/5/2021), “Kami berjuang dengan segenap kemampuan untuk memajukan keberadaan perpustakaan di desa karena denyut nadi kemajuan sumberdaya manusia di desa adalah perpustakaan desa, kami percaya itu sehingga kami bangun gedung perpustakaan tahun 2017 dengan maksud dan tujuan agar mendapat pengakuan nasional sebagai perpustakaan desa yang terstandarisasi, dan baru tahun ini tercapai,” ujarnya.

Perpustakaan “Puri Wikan” Desa Nyuh Tebel memiliki koleksi buku 1.468 judul dan 2.049 eksemplar. “Dengan perolehan akriditasi bagi perpustakaan desa, SD  dan SMP di tahun 2021, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi desa maupun sekolah lainnya, sehingga perpustakaan ke depannya bisa berperan lebih baik dalam upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa Astika. Lanjut Astika, dalam upaya meningkatkan kapasitas bagi pengelola perpustakaan desa maupun sekolah, Dispustaka Karangasem memberikan kesempatam dan memberikan pelayanan untuk pengelola perpustakaan mengikuti kegiatan magang secara gratis dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Menyikapi, masa pandemi Covid-19 yang mana pembelajaran tatap muka di sekolah belum maksimal dilaksanakan, Astika, mantan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, mengajak  pengelola perpustakaan manfaatkan melalukan penataan kepada perpustakaan di masing masing sekolah, sehingga lebih banyak dapat mempersiapk melengkapi administrasi  untuk dapat mengikuti akreditasi perpustakaan tingkat nasional yang difasilitasi oleh Perpusnas dalam tahun yang akan datang. Sertifikat akreditasi, Kamis (20/5/2021) telah diserahkan Kepala Dispustaka Karangasem, Drs. I Wayan Astika, MSi. di aula dinas setempat, diterima oleh masing perwakilan perpustakaan sekolah dan desa. *** Cahayamasnews.com=Penulis, I Komang Pasek Antara.

Facebook Comments

error: Content is protected !!