October 24, 2024
News

Kurangi Mobilitas Masyarakat, Polres Karangasem Laksanakan Penyekatan

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di wilayah Kabupaten Karangasem, Polres Karangasem , serentak melaksanakan penyekatan di pos-pos di wilayah Karangasem, Kamis (8/7/2021) pukul 06.00 wita. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Karangasem Ni Nyoman Suartini.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Karangasem, I Gede Dana, bersama Wakil Bupati Karangasem I Wayan Arta Dipa didampingi Sekda I Ketut Sedana Merta, serta juga dihadiri Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf. Bima Santosa, Kajari Karangasem Aji Kalbu Pribadi,  Ketua Pengadilan I Wayan Supartha,  Karendal Polres Karangasem I Komang Tresna A. Manik.

Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, mengatakan, giat penyekatan yang dilakukan Personil Polres Karangasem di Simpang Tiga Patung Salak Desa Jasri, Kecamatan Karangasem bersinergi dengan Sat Pol PP Karangasem, Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem, dan Personil TNI.

Kegiatan Penyekatan ini dilaksanakan mengingat mobilitas warga masyarakat masih cukup tinggi dalam upaya Pemda Kabupaten Karangasem menekan dan memutus mata rantai covid-19. “Kegiatan ini kita lakukan karena mobilitas warga masyarakat di Karangasem masih cukup tinggi dalam pemberlakuan PPKM darurat ini. Jadi kita menyekat masyarakat yang berpergian tanpa tujuan pasti, yang seharusnya mereka di rumah malah keluar jalan-jalan,” ujarnya seraya menambahkan pihaknya langsung memutar balik masyarakat yang tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksin dan tujuan masuk ke wilayah Karangasem dengan jelas.

Adapun pos – pos penyekatan yang dibentuk di wilayah Karangasem yakni, pos Yeh Malet  di perbatasan Karangasem dengan Klungkung, di Patung Salak Jasri, Kota Karangasem, kemudian pos Bukit Jambul untuk masyarakat yang masuk dari Kabupaten Klungkung. “Sedangkan untuk masyarakat yang masuk ke Rendang dari Bangli, kami  bentuk posnya di Simpang Balai Pegat, di Sidemen tepatnya di depan Wantilan Pura Puseh Desa Adat, Banjar Lebu Gede, Desa Lokasari. Sidemen, dan Pospol Tianyar untuk Pos Penyekatan Kubu dari arah Buleleng,” jelas Kapolres Karangasem Ni Nyoman Suartini.

Sementara Bupati Karangasem I Gede Dana yang ikut langsung memantau kegiatan penyekatan mengatakan, selain di wilayah Karangasem juga akan dilakukan di wilayah Tianyar, Selat, Rendang dan Yeh Malet, Kecamatan Manggis, karena mobilitas warga masyarakat di Karangasem masih cukup tinggi dalam pemberlakuan PPKM ini.

“Saya mengimbau masyarakat agar mengurangi kegiatan keluar rumah jika memang tidak perlu, jangan keluar rumah jika tidak betul-betul urgen, karena Covid varian terbaru sangat lebih berbahaya, dan lebih cepat penyebarannya dari varian sebelumnya. Untuk galian C juga akan dibatasi waktunya. Semua ini untuk kebaikan dan keselamatan kita semua,” tegasnya seraya mengajak masyarakat untuk selalu disiplkin menerapkan Prokes. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!