September 21, 2021
News

Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga Desa Rendang, Pangdam IX/ Udayana Bantu Pompa Hidran

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Kodim 1623/Karangasem melalui Koramil 1623-03/Rendang tetap berusaha membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Pedukuhan Rendang. Danramil 1623-04/Karangasem Kapten Inf. Wayan Suyadnya tetap menjalankan perintah Komando dengan berjibaku bersama masyarakat Dusun Pedukuhan, Desa Rendang membuat Pompa Hidran dengan memanfaatkan sumber air di Tukad Jinah,” Jumat (30/7/2021).

Tahap pertama telah dilaksanakan pengerjaan  pondasi, pemasangan kerangka besi dan pengecoran bak penampungan air. Pompa Hidran dengan panjang 2,40 m lebar 1,50 m  dan tinggi 1,20  m, pengerjaannya mencapai 40% . Komandan Kodim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa memerintahkan Paster Kodim 1623/Karangasem Kapten Inf. I  Wayan Suatma untuk memfasilitasi pembuatan pompa hidran  tersebut dengan berkoordinasi ke Komando Atas, guna mewujudkan kebutuhan masyarakat tersebut.

Babinsa Sertu Dewa Made Suarjana selaku pembina desa yang tahu kondisi masyarakat Desa Rendang terhadap kebutuhan yang mendesak. “Pompa yang akan dipasang  sebanyak 4 buah, dengan jarak dari lembah kedudukan pompa hidran ke penduduk  kurang lebih 2000 m, yang akan memenuhi kebutuhan air bersih untuk mayarakat sejumlah  60 KK dengan  160 jiwa,” ujarnya.

Giat tersebut terselenggara juga adanya dukungan dan apresiasi dari  Bendesa Adat Komang Witana serta Kepala Desa Negah Kariase SE. Kondisi desa yang berbukit dan mayarakat tinggal di tempat yang lebih tinggi dari sumbet air, sehingga harus menempuh jarak kurang lebih 2 km guna memenuhi kebutuhan air bersih,  yang diperkirakan membutuhkan 350 liter per harinya.

“Dengan penghasilan rata-rata penduduk Rp. 30.000,- sehingga terasa berat bila harus membeli air bersih. Ekonomi  masyarakat bercocok tanam salak, ubi, keladi dengan peternakan sapi dan babi,” katanya.

Masyarakat Dusun Pedukuhan, Desa Rendang menaruh harapan besar agar pemasangan pompa itu segera terwujud, sehingga secepatnya bisa menikmati dan memanfaatkan keberadaan air tersebut. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments