November 28, 2021
News

Buka Bimtek SIPIP, Wabup Tegaskan SPIP Yang Kuat Akan Menunjang Tercapainya Visi-Misi Pemerintah

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa didampingi Kepala Inspektorat Daerah Wayan Sudarsana membuka secara resmi rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), bertempat di Wantilan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem, Kamis (21/10/2021). Bimtek  dihadiri langsung Muhamad Masikur kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali. Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan selama satu hari tersebut bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntabilitas terkait pengelolaan keuangan.

Muhamad Masikur mengatakan yang menjadi syarat Good Government suatu daerah adalah diperlukan akuntabilitas. Seperti yang diketahui untuk mencapai akuntabilitas tersebut diperlukan SPIP yang handal dan efektif. “Kalau SPIP sudah handal dan efektif dalam suatu pemerintah, saya yakin auditornya pasti akan mengalami sedikit sampel untuk diteliti dan saya yakin juga hasilnya pasti memuaskan,” tuturnya.

Dilanjutkan kembali bahwa SPIP memberikan jaminan yang memadai terhadap suatu peraturan dalam rangka menjaga akuntabilitas. Salah satu asas yang diikuti adalah tertib tertib yang disebut  3T. Yaitu Tertib Administrasi, Tertib Hukum, Tertib Fisik. “Kalau itu semua sudah dilaksanakan pastinya SPIP akan menjadi handal dan tidak akan ada permasalahan,” tegasnya.

Dirinya berharap dalam menjalankan SPIP ini, semuanya harus memiliki komitmen. Jangan hanya pimpinan daerah yang mempunyai komitmen, melainkan semua unsur harus mempunyai komitmen untuk mewujudkan SPIP yang efektif dan handal. Selain itu dirinya juga mengharapkan para peserta yang sudah mengikuti bimtek SPIP ini bisa mengaplikasinya dalam bekerja kesehariannya.

Wakil Bupati Artha Dipa dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan bimtek ini bukan sekedar pelatihan tetapi adalah untuk mendapatkan manfaat yang bagus. Dirinya mengapresiasi BPK Perwakilan Provinsi Bali karena sudah menuntun dan memberikan ilmunya dalam merancang SPIP yang sesuai aturan. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap seluruh pegawai harus mempunyai komitmen kuat dalam merancang SPIP,” ujar Wabup Arta Dipa.

Dirinya juga berharap bahwa penyelenggaraan bimtek SPIP ini bisa membenahi pengelolan keuangan di Kabupaten Karangasem. Selain itu pembenahan SPIP akan menunjang tercapainya visi misi pemerintah yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali menuju Karangasem Era Baru. SPIP juga harus diterapkan menjadi suatu budaya dalam pengembangan suatu organisasi hal tersebut dikarenakan SPIP yang handal akan membuat pertanggungjawaban kinerja menjadi akuntabel.” Oleh sebab itu dalam kesempatan ini mohon tanyakan yang tidak dimengerti, kita harus bertanya kepada orang yang benar, jangan bertanya pada orang yang salah, jangan pura-pura mengerti padahal sesungguhnya tidak mengerti,” tegas Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga mengatakan akan memantau kinerja seluruh staf yang membidangi,hal tersebut dilakukannya supaya untuk di tahun yang akan datang SPIP Kabupaten bisa naik ke level yang lebih bagus. “Selesai bimtek ini saya akan terus pantau, ilmu yang didapat harus diaplikasikan sehingga bisa bermanfaat,” imbuhnya

Wayan Sudarsana mengatakan bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang efektif merupakan salah satu unsur penting dalam pengelolaan organisasi dan menjadi dasar bagi kegiatan operasional yang sehat dan aman. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah mengamanatkan Pemerintah Daerah untuk melakukan pengawasan intern atas penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah termasuk akuntabilitas keuangan negara dan pembinaan penyelenggaraan SPIP.

Efektivitas SPIP di suatu organisasi, dapat menjamin tercapainya tujuan organisasi serta terlaksananya kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments