November 28, 2021
News

Kembali Terjadi Longsoran, Akses Jalan Menuju Tiga Desa  Ditutup

BANGLI (CAHAYAMASNEWS.COM). Hampir selesai pembukaan jalan akibat adanya 8 titik longsor yang menutup akses jalan menuju tiga Desa , kini akses jalan yang menghubungkan Desa Buahan dengan Desa Terunyan, Kamis (21/10/2021) kembali ditutup untuk umum. Ditutupnya akses jalan darat ini lantaran  kembali terjadi longsoran di titik pertama, tepatnya di perbatsan Desa Buahan dengan Desa Abang Batu Dinding.

Pantauan di lokasi,  material longsoran sejatinya telah sempat bersih sehingga kendaraan roda dua sudah bisa lewat. Namun, Rabu pagi kembali terjadi longsoran cukup besar menimbun jalan. Tidak ingin ambil resiko, Polres Bangli dan Kodim Bangli langsung memasang plang penutupan jalan. Angggota Polres Bangli dan Kodim Bangli tampak berjaga di lokasi untuk menjaga kemungkinan ada warga yang menerobos. Sementara alat berat dari Denzipur juga kembali membersihkan lokasi.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bangli, I Ketut Agus Sutapa saat dikonfirmasi membenarkan kalau akses jalan menuju tiga desa yakni Abang Batu Dinding, Desa Abang Songan dan Desa Terunyan kembali ditutup oleh petugas. Pasalnya, paginya kembali ada longsor susulan yang mengakibatkan bebatuan kembali menimbun jalan. “Akses jalan darat masih belum direkomendasikan untuk dilewati karena masih labilnya tebing,” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya tengah berkomunikasi dengan Tim PVMBG (Kegeoligian) untuk sekiranya bisa dilakukan kajian potensi resiko adanya gerakan tanah yang bisa memicu kembali longsoran. Sedangkan mengenai kecukupan bahan logistik bagi 3 desa terdampak, menurut dia sudah aman. Sebab penyaluran sangat lancar dan juga banyaknya dukungan dari para pihak yang berempati ke pada warga terdampak baik dukungan SDM, dan bahan makanan lainnya.

“Kita telah menyediakan sekiar 11 boat untuk menyalurkan bantuan maupun mengangut warga dari tiga desa tersebut,” akunya. Sementara Perbekel Desa Abang Batu Dinding I Made Diksa menambahkan distribusi  bantuan telah dilakukan di desanya. Disebutkan, hampir semua warga Desa Abang Batu Dinding telah tersentuh bantuan. “Tadi bantuan kembali dirop oleh petugas dan para relawan,” pungkasnya. *** Cahayamasnews.com/Tim-NT

Facebook Comments