October 24, 2024
News

Perihatin Nilai Kejujuran Siswa – Siswi Menurun Drastis, Bupati Gede Dana Buka Kompetisi Sains Terpadu VIII Tingkat Provinsi Bali

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Sebanyak 242 pelajar sekolah menengah pertama (SMP) se-Provinsi Bali mengikuti Kompetisi Sains Terpadu VIII Tingkat Provinsi Bali, Rabu (20/4/2022) bertempat di Aula Widya Sabha, Disdikpora Kabupaten Karangasem.

Kompetisi ini dibuka langsung oleh Bupati  Karangasem  I Gede  Dana. Pada kesempatan ini Bupati Dana atas nama Pemkab Karangasem memberikan apresiasi dan dukungan positif atas terselenggaranya kegiatan ini. Melalui kegiatan ini diyakini mampu menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dan literasi sains dikalangan siswa-siswi SMP di seluruh Bali.

Bupati juga menaruh harapan besar kepada semua SDM yang ada disini agar mampu menjadikan Karangasem sebagai barometer di Provinsi Bali bahkan Nasional untuk segala bidang, utamanya dalam bidang pendidikan dan menginspirasi bagi MGMP yang lain meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kondisi pendidikan saat ini yang dapat dikatakan memperihatinkan karena nilai kejujuran siswa-siswi sudah menurun drastis.  Ini terlihat dari aktivitas siswa saat mengikuti ujian, sebagian besar mereka tidak lagi belajar giat, akan tetapi mereka lebih giat mencari kunci jawaban. Jika kondisi ini dibiarkan akan dapat menggerus kualitas SDM kita sehingga bermuara pada hilangnya karakter positif dari siswa-siswi kita,” ujar Bupati Gede Dana.

Kegiatan KST ini sangatlah relevan sebagai salah satu solusi untuk mengembalikan nilai-nilai kejujuran dan daya saing yang positif. Ditegaskan bupati akan perlunya gerakan nasional revolusi mental, gerakan tersebut akan menyuburkan kembali nilai-nilai semangat kompetitif, optimisme, kerja keras, kesantunan, tata krama dan memperkokoh karakter bangsa serta memperkuat tatanan kehidupan bermasyarakat. *** Cahayamasnews.com-Hms-Tim=01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!