October 26, 2024
News

BBPOM Denpasar Gelar Adhokasi Terpadu Program Desa Pangan, PJAS dan Pasar Aman Berbasis Komunitas

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Badan Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar Bali mengadakan kegiatan  advokasi terpadu programdesa pangan aman (GKPD), Pangan Jajanan yang di komaumsi anak usia sekolah (PJAS), dan pasar aman berbasis komunitas. Kegiatan ini dilaksanakan gedung SKB Kabupaten Karangasem, Jumat (22/4/2022).

Kegiatan ini turut dihadiri Anggota DPR RI dari Komisi IX I Ketut Kariasa Adnyana, dari Pemkab Karangasem dihadiri oleh Kepala Bapelibangda I Nyoman Sutirtayasa, Sekdis Disdikpora Karangasem, selain itu BBPOM Denpasar juga mengundang 22 orang perwakilan sekolah di hadiri oleh guru-guru, 1 perwakilan dari pasar dan 6 perwakilan dari desa di Karangasem.

Kepala Badan POM, Drs. I Made Bagus Gerametta, mengatakan  hari ini merupakan kegiatan advokasi kelembagaan yang merupakan bagian dari salah satu program nasional, keamanan pangan nasional yang terdiri tiga yaitu gerakan kemanan pangan desa kemudian pangan jajanan sekolah yang aman kemudian pasar aman berbasis komunitas.

“Tentunya ini adalah terkait bagaimana kita untuk menghasilkan pangan yang aman bermanfaat dan bermutu,” jelasnya.

Aplikasinya dari Badan POM itu ada  tiga program pertama program advokasi pengenalan dulu, dan kemudian nanti melatih kader untuk melakukan pelatihan ke sekolah. Kemudian nanti dilakukan pengawasan.

“Jadi kita melatih komunitas ini tujuannya untuk mampu melakukan pengawasan di pasar di desa maupun di jajanan anak sekolah yang dilatih komunitasnya,” terang IGB. *** Cahayamasnews.com-Hms-Tim=01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!