October 26, 2024
News

Bupati Karangasem I Gede Dana Pimpin Apel, Gelar Pasukan Operasi  Kerupat 2022

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Kepolisian Resor Karangasem , Bali menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat – 2022. Gelar apel di Lapangan Tanah Aron, Jumat (22/4/2022). Apel tersebut dipimpin oleh Bupati Karangasem I Gede Dana.

Apel Gelar Pasukan ini di hadiri oleh Kapolres Karangasem AKBP Ricko A.A. Taruna,  Kepala Kejaksaan Negeri Karangasem Aji Kalbu Pribadi, Dandim 1623 Karangasem Letkol Inf Sutikno. Dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Agung 2022 mengambil tema “Apel Gelar pasukan Operasi Ketupat Agung 2022 wujud sinergi Polri dengan Instansi Terkait, untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H di wilayah hukum Polres Karangasem”

Dalam Sambutan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan bupati adalah sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Ketupat 2022” dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Perayaan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 pemerintah memutuskan tidak melarang kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada tanggal 29 April sampai dengan 6 Mei 2022, ini adalah Tahun pertama dimana pemerintah mengambil kebijakan untuk tidak melarang warga masyarakat melakukan perjalanan mudik pada libur Hari Raya Idul Fitri, seiring dengan dikeluarkannya kebijakan pemerintah melalui Inmendagri Nomor 22 tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan dari tanggal 19 April sampai dengan 9 Mei 2022.

Ini diperkuat dengan surat edaran  Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemik Covid-19, yang mulai berlaku efektif mulai tanggal 2 April 2022. Peningkatan aktivitas masyarakat pada bulan Ramadhan, menjelang pada saat dan sesudah Idul Fitri tentu saja berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan covid-19. Guna mengantisipasi hal tersebut, polri menggelar pelaksanaan operasi terpusat “Ketupat-2022” dalam upaya mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H/ 2022 di masa Pandemi Covid-19. Dalam Operasi Ketupat ini Polri menerjunkan sebanyak 144.000 lebih personel untuk pengamanan kegiatan jelang Idul Fitri nanti. Nantinya, personel akan diterjunkan ke beberapa pos.

“Polri beserta jajarannya akan menggelar Operasi Ketupat nanti selama 12 hari dari tanggal 28 April sampai beberapa hari ke depan sampai 9 Mei 2022,” katanya.

Beberapa penekanan dari Kapolri yang dibacakan Bupati antara lain yang pertama siapkan mental dan fisik dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Hindari sikap dan tindakan tidak simpatik dan arogan yang tidak mencerminkan karakter jati diri sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Kedua tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H diseluruh wilayah, khususnya daerah yang memiliki kerawanan serta berpotensi menjadi target para pelaku. *** Cahayamasnews.com-Hms-Tim=01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!