October 24, 2024
News

DPRD Karangasem Gelar Rapat Paripurna, Seluruh Fraksi  Setuju LKPJ Tahun 2021 Dibahas

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS.COM). Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar rapat paripurna Senin (4/7/2022) bertempat di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Karangasem. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Golkar I Nengah Sumardi, SE., M.Si., didampingi oleh wakil ketua DPRD lainnya. Rapat dihadiri Bupati Karangasem I Gede Dana dan OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabpaten Karangasem.

Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Karangasem Terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Karangasem Tahun Anggaran 2021 (LKPJ).

Setelah dilakukan pencermatan terhadap LKPJ Bupati tahun 2021 yang telah disampaikan oleh bupati ke dewan, keseluruhan fraksi di DPRD seperti Fraksi Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra, Nawa Satya Partai Nasdem dan Catur Warna pada intinya setuju untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut bersama-sama sesuai dengan jadwal yang telah disusun.

Namun adapun fraksi – fraksi menyampaikan usul dan saran disampaikan melalui pandangan umumnya seperti dari

Fraksi Partai Golkar dalam pandangan umumnya yang dibacakan oleh I Wayan Tama meminta  agar pemerintah memperhatikan kebutuhan dengan menyerap aspirasi masyarakat melalui pelaksanaan Reses Anggota DPRD, yang dituangkan dalam bentuk Pokok-Pokok Pikiran Dewan.

Sementara Fraksi Partai Gerindra mengapresiasi  kinerja pemerintah  yang telah berbuat maksimal dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah  (PAD) di saat kondisi yang lagi tertekan akibat Pandemi COVID 19, mampu mendapatkan PAD melebihi dari target yang telah disepakati sekitar 14,92 %.

“Kami berharap mohon ditingkatkan lagi usaha-usaha baik secara intensifikasi maupun  ekstensifikasi untuk  meningkatkan PAD. Dan dalam pelaksanaan APBD diharapkan sesuai prinsip anggaran dengan bekerja atas anggaran yang telah tersedia, prinsip hemat, dan efisien, dengan tidak mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Fraksi dari Nawa Satya Partai Nasdem juga menyampaikan usul dan saran yakni eksekutif harus mengkaji lebih dalam terhadap kebijakan-kebijakan urusan pelayanan kepada masyarakat, karena di situasi saat masyarakat Karangasem menaruh harapan besar kepada pemimpin daerahnya, untuk mampu mensejahterakannya. Pemerintah daerah juga agar memperhatikan tenaga-tenaga honorer agar tidak terjadinya pemutusan kontrak kerja secara sepihak.

Sementara itu Fraksi PDI Perjuangan mengapresiasi hasil maksimal dicapai pemerintah sepanjang Tahun Anggaran 2021, terkait kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga ikut merasakan. Fraksi PDI P juga mengapresisi pemerintah terkait peningkatan akuntabilitas Pengelolaan Keuangan yang dibuktikan melalui penghargaan opini WTP oleh BPK RI atas hasil Audit Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021.

Di sisi lain Fraksi Catur Waran dalam pandangannya mengharapkan agar pelayanan terhadap masyarakat terus ditingkatkan. Juga agar semua Perangkat Daerah dapat memiliki prinsip-prinsip sebagai bentuk akuntabilitas pengelolaan keuangan.

Kemudian  jawaban bupati atas pandangan umum dari fraksi tentang peraturan LKPJ 2021, lagsung dibacakan oleh Bupati I Gede Dana, dimana pihaknya menyampaikan terima-kasih kepada seluruh fraksi DPRD bahwa Ranperda LKPJ tahun 2021 yang disampaikan sebelumnya, yang telah mendapat persetujuan untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut.

“Kami akan memperhatikan kebutuhan dengan menyerap aspirasi masyarakat melalui pelaksanaan Reses Anggota DPRD Kabupaten Karangasem, yang dituangkan dalam bentuk pokok-pokok pikiran dewan. Kami berharap Ranperda tersebut dilakukan pembahasan  oleh dewan  terhadap Ranperda yang kami ajukan, agar dapat segera disetujui menjadi Perda,” ujarnya. *** Cahayamasnews.com=Tim-01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!