October 24, 2024
News

Optimalkan PAD, BPKAD Segera Luncurkan iPOS MBLB

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS.COM). Upaya mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kab. Karangasem segera meluncurkan sebuah aplikasi yang di beri nama aplikasi digital iPOS MBLB (Mineral Bukan Logam dan Batuan). Hal ini disampikan oleh Kaban BPKAD I Wayan Ardika didampingi I Gede Sastradi Kasubid Pengembangan dan Pelayanan Pajak Daerah, Senin, (3/10/2022).

Lanjut dikatakan sebelum aplikasi tersebut di Luncurkan, kami telah melakukan sosialisasi kepada para penerimaan pajak MBLB. Jadi untuk tahun 2022 sebagai jangka pendek yaitu ujicoba faktur digital dan pembangunan 2 gate monitoring MBLB, lokasnya ada di Tianyar Barat dan Rendang.

“Saat ini BPKAD menggunakan faktur bar barcode. Dengan akan diluncurkan aplikasi digital iPOS MBLB, faktur digital yang realitime dan pengembangan transaksi non tunai, adalah dalam rangka mengoptimalkan penerimaan PAD dari sektor pajak daerah, maka potensi terbesar di Kabupaten Karangasem yaitu dari Sektor Pajak MBLB mengingat saat ini sektor pariwisata belum pulih akibat pandemi Covid-19. BPKAD sebagai fungsi penunjang urusan pemerintahan di bidang pengelolaan keuangan daerah dan sebagai fungsi pendapatan wajib melakukan inovasi dalam rangka mengoptimalkan penerimaan pajak daerah,” ujar Ardika

Lebih lanjut Wayan Ardika menyampaikan aplikasi iPOS digunakan sebagai manajemen penjualan material dan pencetakan faktur MBLB, sebagai monitoring digital pajak serta nantinya digunakan sebagai transaksi pembayaran digital. Jadi aplikasinya disiapkan oleh BPKAD Karangasem yg bekerja sama dgn Bank Persepsi BPD BALI.

Aplikasi iPOS MBLB sebagai upaya optimalisasi pemungutan pajak MBLB yang meliputi akses penjualan material MBLB pengusaha, akses monitoring pajak MBLB melalui digital faktur/surat tanda pengambilan MBLB, akses transaksi non tunai pembayaran. Nantinya aplikasi iPOS MBLB terintegrasi dengan sistem monitoring pajak MBLB BPKAD pada pos pengawasan toll gate monitoring MBLB.

“Aplikasi tersebut memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam mengelola data transaksi penjualan material dan pelaporan SPTPD pajak MBLB,” jelas I Wayan Ardika sembari menyampaikan Aplikasi iPOS MBLB akan dilouncing pada tanggal 6 Oktober 2022 mendatang. *** Cahayamasnews.com=Tim-01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!