October 24, 2024
News

DPRD Karangasem Gelar Paripurna, Penyampaian Catatan Strategis dan Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Tahun 2022.

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). DPRD Kabupaten Karangasem Menggelar Paripurna Istimewa yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD I Wayan Suastika didampingi Wakil Ketua DPRD Karangasem, yakni I Nengah Sumardi, I Gusti Ngurah Gede Subagiarta dan I Wayan Parka. Paripurna digelar di gedung dewan jalan Ngurah Rai Karangasem Kamis, (6/4/2023). Dalam kesempatan itu dihadiri oleh Wakil Bupati I Wayan Arta Dipa bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkungan Pemkab. Karangasem.

Paripurna Istimewa kali ini dengan agenda, Penyampaian Catatan Strategis dan Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPJ) Bupati Karangasem Tahun 2022. LKPJ Bupati Karangasem Tahun 2022 merupakan laporan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan menyangkut pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah selama 1 tahun anggaran. Dan LKPJ itu, secara resmi telah disampaikan dalam Rapat Paripurna pada tanggal 3 April 2023 yang selanjutnya dibahas di internal DPRD sesuai Peraturan Tata Tertib Dewan. Dalam pembahasan di Internal DPRD telah ditempuh melalui tahapan-tahapan yakni pembahasan ditingkat Fraksi-Fraksi Intern tanggal 4 April 2023.
Dari hasil rapat tersebut telah melahirkan beberapa rekomendasi berupa catatan-catatan strategis yang berisikan usul/saran, masukan dan koreksi terhadap penyelenggaraan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan selama 1 tahun anggaran, yang di bacakan oleh I Wayan Pura Arnawa.
Selanjutnya realisasi pendapatan asli daerah ditahun 2022, kalau kita melihat realisasi akhir tahun sesuai yang termuat dalam LKPJ tentu kita semua sepakat memberikan apresiasi atas tercampainya target. Pada perkembangan APBD Kabupaten Karangasem tahun 2022 mencapai Rp. 1,705 triliun lebih dengan capaian Pendapatan Asli Daerah mencapai Rp.253 Miliar lebih. Belanja Operasi tahun 2022 sebesar Rp. 1.305.343.525.500,04 dan Belanja Modal target RP. 183.107.974.999,00 realisasinya Rp. 139.308.067.685,15.  Ada angka RP. 43.799.907.313,85  yang tidak terealisasi. Ini perlu pencermatan dalam perencanaan.
Kemudian salah satu dari Fraksi Partai Golkar dapat menerima LKPJ Bupati Karangasem Tahun 2022. Dalam catatan yang disampaikan mencermati misi bupati salah satunya Mengembangkan SDM yang handal, berdaya saing tinggi dan sistem pelayanan kesehatan yang terjangkau, adil dan berkwalitas, kedepan bisa bersaing diera globalisasi, tentu perlu kerja keras baik tenaga, pikiran dan financial.
Begitu juga tingkatkan mutu dan kwalitas pendidikan dengan menambah sarana dan prasarana seperti penambahan ruang perpustakaan bagi sekolah yang belum punya dan perbaikan ruang-ruang kelas. Sementara di bidang kesehatan perlu mendapat perhatian serius tentunya yang menjadi leading sektornya ialah Dinas Kesehatan bersama terkaitnya membuat program dengan anggaran yang tepat bagi masyarakat Karangasem, di antaranya ibu sebelum masa kehamilan/remaja putri, anak dalam 1000 hari pertama kehidupan, pemberian asi, makanan tambahan, imunisasi dan lain-lain.
Kemudian terkait pelayanan kesehatan terutama Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah dan juga dipuskesmas-puskesmas di seluruh kecamatan harus terus menerus ditingkatkan agar masyarakat mendapatkan pelayanan dibidang kesehatan yang layak dan optimal, termasuk sarana dan perasarana kesehatan juga harus ditingkatkan agar pelayanannya lebih maksimal. Dalam meningkatkan prekonomian yang dibutuhkan yakni di bidang infrastruktur jalan-jalan di semua kecamatan harus ditingkatkan, khususnya jalan penghubung antar kecamatan dan jalan-jalan yang dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat lebih diprioritaskan dalam pengerjaannya. *** CMN-Tim-01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!