News

Wabup Diar Launching Kampung Keluarga Berkualitas Milik Kita Bersama

BANGLI (CAHAYAMASNEWS.COM). Launching kampung keluarga berkualitas milik kita bersama merupakan intruksi Presiden dari program (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ) BKKBN pusat yang dilaksanakan di Kabupaten Bangli. acara ini digelar Rabu (14/6/2023) di Gedung BMB Kantor Bupati Bangli yang dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, Camat dan  Kepala Desa se- Bangli

Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar menyampaikan Kampung Keluarga Berkualitas memiliki peranpenting dalam mengawal pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga. Dimensinya  Keluarga bahagia, tentram dan mandiri guna melahirkan generasi unggul, berkualitas dan memiliki karakter dan dapat berkontribusi pada pembangunan di Daerah Bangli. Dengan adanya skenario pembangunan Kampung Keluarga Berkualitas, percepatan dalam penanganan persoalan yang harus segera diatasi, yakni terkait Stunting dan kemiskinan ekstrim.

Sebagai pendekatan yang bersifat universal, maka diperlukan komitmen dan kerjasama berbagai komponen di seluruh tingkatan, baik pemerintah daerah hingga ke desa-desa yang tidak hanya melibatkan komponen pemerintah tetapi juga keterlibatan sektor usaha, akademisi termasuk lembaga swadaya masyarakat. Lebih lanjut dijelaskan,  adanya  sinergitas dan konvergensi lintas sektor dan pihak terkait  dalam pembangunan keluarga adalah dengan diterbitkannya Intruksi Presiden Nomor 3 Optimalisasi Keluarga Penyelenggaraan Kampung Berkualitas.

“Dalam intruksi Presiden ini, berbagai Program dan kegiatan yang menyasar keluarga dapat dilaksanakan secara optimal dengan memanfaatkan data dan sumber daya yang tersedia di masing-masing sektor. Kampung Keluarga Berkualitas merupakan salah satu program prioritas nasional sebagai upaya pemberdayaan dan penguatan keluarga di tingkat desa dan kelurahan,” jelasnya.

Kabupaten Bangli tahun 2016 sudah terbentuk 17 Desa yang menyandang predikat kampung keluarga berkualitas maka di Tahun 2023 ini ada 51 Desa yang ikut berkomitmen menjadi Kampung Keluarga Berkualitas sehingga harapannya di Kabupaten Bangli akan ada 68 Desa yang menjadi Kampung Keluarga Berkualitas. Pemerintah Kabupaten Bangli dalam hal ini siap mendukung penuh pelaksanaan program ini sebagai salah satu dalam penguatan komitmen pemerintah pencapaian masyarakat. kualitas dengan hidup sesuai visi Kabupaten Bangli  Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana

“Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli Untuk Mewujudkan Bangli Era Baru,” sebutnya

Wabup berharap Kampung Keluarga Kabupaten Bangli tahun 2023 dapat menjalin kemitraan penyelenggaraan Berkualitas dan terbentuk sesuai target. Mengingat pelaksanan program ini begitu banyak tantangannya, dirinya  mengajak seluruh OPD dapat bersinergi untuk hal ini dan membuka diri serta saling terbuka dalam merealisasikan program.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Prov Bali Ni Luh Gede Sukardiasih menyampaikan Kampung Keluarga Berkualitas yang awalnya adalah Kampung Keluarga Berencana merupakan salah satu program prioritas nasional sebagai upaya pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga di tingkat Desa dan Kelurahan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dilakukan secara terintegrasi dan konvergen antar lintas sektor.

Program Kampung Keluarga Berkualitas antara lain: penyediaan data dan dokumen kependudukan, peningkatan perubahan perilaku, peningkatan cakupan, layanan dan rujukan pada keluarga,  serta penataan lingkungan hidup dan masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga melalui optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas di setiap Desa/Kelurahan maka Presiden mengeluarkan Inpres No.3 tahun 2022 tentang Optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas.

“Untuk itu dalam upaya mengoptimalkan pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas, semua kegiatan harus ditujukan kepada pergerakan masyarakat dan menjadikan Kampung KB sebagai episentrum program. Dengan sistem pembangunan yang terintegrasi dan penduduk sebagai titik sentral diharapkan masyarakat akan lebih dapat merasakan kehadiran dan kesungguhan pemerintah dalam mewujudkan penduduk berkualitas,” katanya.

Pihaknya sangat mengapresiasi pemerintah Kabupaten Bangli yang sudah dengan sigap menindaklanjuti Inpres No.3 tahun 2022 memberikan tambahan pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas baru sebanyak 51 desa sehingga menambah prosentase capaian target Kampung Keluarga Berkualitas provinsi Bali menjadi 43,65%. Sesuai dengan roadmap Kampung Keluarga Berkualitas yang telah ditetapkan BKKBN, diharapkan pada akhir 2024 sebanyak 636 Kampung Keluarga Berkualitas terbentuk di seluruh desa/kelurahan di Bali.

“Oleh karena itu, komitmen dan peran serta dari pemerintah daerah dan sektor-sektor terkait sangat kami harapkan agar sesuai amanat Inpres, seluruh desa/kelurahan di Bali nantinya terbentuk Kampung Keluarga Berkualitas. Melalui pertemuan ini, Kampung Keluarga Berkualitas diharapkan dapat memberi dampak yang signifikan terhadap program- program untuk mewujudkan keluarga berkualitas,” tandasnya. *** Cahayamasnews.com/Tim-NT.

Facebook Comments