News

Peringati Bulan Bung Karno, Bupati Suwirta Gencarkan Gerakan Makan Ikan Guna Kurangi Stunting

SEMARAPURA (CAHAYAMAS-NEWS). Masih dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno 2023, Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menggelar kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, yang dipusatkan di balai Desa Kutampi Kaler Kecamatan Nusa Penida, Selasa (27/6). Kegiatan diisi dengan penyerahan secara simbolis paket makanan olahan berbahan dasar ikan kepada sejumlah warga yang didominasi oleh anak anak.

Bupati Suwirta mengatakan angka stunting di Kabupaten Klungkung sudah turun dari 19% menjadi 7%. Namun menurutnya angka tersebut masih tinggi. Dan angka paling banyak disumbangkan dari wilayah Kecamatan Nusa Penida.

Pihaknya pun mempertanyakan mengapa Nusa Penida bisa sebagai penyumbang angka stunting paling tinggi? Padahal Nusa Penida telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup baik akibat perkembangan sektor pariwisata.

Menurutnya hal ini disebabkan kesibukan para orang tua yang tinggi karena bekerja di sektor pariwisata.

“Nusa Penida memiliki potensi laut yang besar, namun karena kesibukan warga dibidang pariwisata mengakibatkan kita mencari hal instan dalam memberikan asupan kepada anak. Disinilah saya minta peran para orang tua terutama para ibu ibu supaya menjaga asupan anak anak. Jangan terlalu memberikan makanan yang instan namun supaya lebih memprioritaskan pada makanan olahan ikan. Demikian juga para penjual makanan supaya lebih banyak menjual olahan Ikan karena ikan mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan,” ujar Bupati Suwirta.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan Gemarikan Ni Kadek Candrawati mengatakan kegiatan ini menyasar 200 orang yang terdiri dari anak usia 0 s/d 59 bulan, para ibu hamil dan ibu menyusui. Mereka berasal dari Desa Kutampi Kaler, Desa Ped desa Pejukutan. *** Cahayamasnews.com/HmsKlk=.

Facebook Comments