News

Hadiri Puncak Ngaben Massal Pratisentana Sire Arya Kanuruhan, I Nengah Sumardi Apresiasi Sistem Gotong-Royong

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Wakil Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi mengapresiasi pelaksanaan ngaben dengan sistem kegotongroyongan. Saat menghadiri puncak acara ngaben massal yang dilaksanakan oleh pasemetonan Pratisentana Sire Arya Kanuruhan yang berpangsung hari ini Minggu, (9/7/2023).

Pada ngaben  massal Arya Kanuruhan ada 282 sawe, setelah prosesi ngaben dilanjutkan ngeroras  atau atma wedana sebanyak 486 name, jadi acara tersebut paket, dari  ngaben sampai dengan ngotonin dan mekutang bok, lanjut nataktiyis, metatah kemudian atama wedana sampai nuntun begitu pula ngelinggihan di paibon soang-saoang.

“Jalannya kegiatan hari ini pertama-tama saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat atas dukungan termasuk wilayah pedesaan Jungutan dan Pedesaan Sibetan Kecamatan Bebandem, apa yang telah diberikan pada kegiatan hari ini kami sampaikan ucapan terima kasih atas fasilitas yang diberikan,” ujar Wakil Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi yang juga salah satu tokoh di pasemetonan Pratisentana Sire Arya Kanuruhan.

Lanjut dia menyampaikan dalam konteks hari ini dalam  kegiatan puncak Ngaben massal yang dilakasanakan oleh Sire Arya Kanuruhan, mudah-mudahan berjalan lancar. Kemudian  pihaknya dari perwakilan masyarakat tentunya dari lembaga dewan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada khususnya pada Arya Kanuruhan yang lalu yang sudah melaksanakan kegiatan ini yang sifatnya subsidi silang. Dimana gotong-royong yang bisa dilakukan oleh khususnya wargi Arya Kanuruhan.

“Dalam kegiatan ini yang begitu banyak warga yang hadir dalam prosesi ngaben ini kami atas nama lembaga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya dan permohonan maaf apabila dalam kegiatan ini, mengganggu jalannya lalu lintas, kegiatan masyarakat kami atas nama masyarakat juga atas nama perwakilan juga mohon maaf yang sebesar-besarnya,” ujar politisi asal banjar Kreteg Desa Sibetan Kacamatan Bebandem itu.

Ngaben massal  oleh pasemetonan Pratisentana Sire Arya Kanuruhan puncaknya hari ini, jadi selaku tokoh di pasemetonan memang rutinitas ini dilakukan setiap 5 tahun dan tentunya setiap 5 tahun kami tetap evaluasi, dari sisi tempat termasuk dari sisi pelaksanaa dan yang lainnya, sehingga apa yang namanya mendekati dari sisi kesempurnaan untuk melaksanakan kegiatan ini kami tetap dilakukan sifat gotong-royong.

“Segala sesuatu kegiatan dalam kontek kegiatan ngaben massal adalah kebersamaan untuk bisa melakukan kegiatan ini secara lancar dan mudah-mudahan tidak ada hambatan yang melintang di kegiatan hari ini,” ujarnya.

Sumardi menambahakan hari ini merupakan kegiatan puncak ngaben dan diperkirakan masyarakat yang mengikuti wargi Arya Kanuruhan lebih kurang sekitar adalah 12 ribuan. Nanti puncaknya dilakukan di setra Desa Adat Sibetan dan pihaknya menyampaikan terima-kasih kepada masyarakat yang telah menyediakan fasilitas yakni tempat upacara ngaben tersebut. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments