News

Bupati Suwirta Buka Pelatihan Pemandu Wisata Budaya

SEMARAPURA (CAHAYAMAS-NEWS.COM). Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka Pelatihan Pemandu Wisata Budaya (cagar budaya, museum, keraton, candi) di Hotel Whydham Tamansari Jivva Resort,  Kabupaten Klungkung, Selasa (10/10/2023). Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, Ni Made Sulistyawati dan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Klungkung, I Ketut Suadnyana.

Pada kesempatan tersebut Bupati Suwirta sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan pelatihan ini.  Bupati juga meminta agar para peserta bisa menghidupkan dan membuat inovasi agar sangar-sangar seni budaya yang ada di desa semakin maju dan terus berkembang . “Mari tekuni dan laksanakan kegiatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya,” pinta Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menambahkan agar para peserta bisa memanfaatkan sistem digitalisasi ini dengan baik. Bupati juga berharap peserta nantinya bisa konsisten menggarap wisata budaya apalagi saat ini sektor pariwisata di Nusa Penida sedang menggeliat. “Mudah-mudahan setelah kegiatan ini para peserta bisa lebih mengetahui ilmu pemandu wisata budaya baik itu memberikan bimbingan, penerangan dan petunjuk tentang obyek serta membantu segala sesuatu yang diperlukan wisatawan,” harap Bupati Suwirta.

Ketua Panitia, Tjokorda Gde Romy Tanaya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini yaitu agar peserta lebih mengetahui dan memahami bagaimana merencanakan dan melaksanakan pemanduan wisata budaya dan peserta mengetahui dan memahami pentingnya mengembangkan pengetahuan budaya dan cagar budaya serta interpretasi dalam pemanduan wisata budaya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 10 sampai 13 Oktober 2023 dengan diikuti total peserta sebanyak 45 orang. *** Cahayamasnews.com/HmsKlk=Puspa.

Facebook Comments