News

Penyineban Penyeeb Brahma Pujawali Kiduling Kreteg, Bupati Gede Dana Nuwek Bagia Pula Kerthi

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Serangkaian upacara penyineban Penyeeb Brahma yang dilaksanakan di Pura Kiduling Kreteg Besakih, Kabupaten Karangasem, jatuh pada Kamis (30/11/2023), tepatnya Wraspati Kliwon, Wuku Klawu, Sasih Kenem. Upacara Penyeeb Brahma yang diadakan di Pura Kiduling Kreteg Besakih, Kecamatan Rendang tersebut, dipuput Ida Pedanda Gede Wayan Djelantik Sidemen saking Griya Kawan Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem.

Seusai sarana upakara dipersembahkan, baru dilaksanakan dengan persembahyangan bersama memohon anugrah untuk keberlanjutan keselamatan dan kesejahteraan di Kabupaten Karangasem Selanjutnya, pada upacara tersebut, Bupati Karangasem I Gede Dana mendapat kesempatan ngayah mundut Pralingga bersama Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Sekda I Ketut Sedana Merta dan sejumlah pejabat OPD terkait di Pemerintah Kabupaten Karangasem.

Prosesi Nyineb ditandai ritual nuwek (menusuk), ngeseng dan mendem banten Bagia Pula Kerthi oleh Bupati Karangasem I Gede Dana bersama Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, dilanjutkan dengan tetingkeb, sebelum kembali mewali melinggih ring Gedong semula.

Adapun tujuan utama dari upacara ini adalah untuk memohon agar panas bumi yang berada di perut bumi dapat terserap secara teratur sesuai dengan hukum alam. Dengan demikian, tanah bumi akan menjadi subur, karena di balik ritual ini terdapat dorongan spiritual, yakni memotivasi umat untuk senantiasa menjaga bumi agar tetap lestari. *** Cahayamasnews.com= Prokopim/Tim.

Facebook Comments