October 23, 2024
News

Bawaslu Bangli Rangkul Penyandang Disabilitas

BANGLI (CAHAYAMASNEWS.COM). Penyandang disabilitas memiliki hak yang sama, dapat memilih dan dapat dipilih. Hak disabilitas harus tersalurkan, ikut ambil bagian dalam proses pengawasan serta harus berani melaporkan informasi dugaan pelanggaran pemilu. Hal itu disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Bali, Ketut Ariyani dalam acara Sosialisasi Fasilitasi Penguatan Kepemiluan kepada Disabiltas di Ruang Pertemuan Waterboom Sidembunut Bangli, Selasa (21/5/2024).

Ditambahkan Aryani, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian oleh penyelenggara Pemilu kepada Penyandang Disabilitas diantaranya adalah meningkatkan aksesbilitas fisik dan Pendidikan politik.

“Perhatian yang penting kepada penyandang disabilitas saat ini adalah memastikan bahwa semua tempat pemungutan suara memenuhi standar aksesbilitas dan juga menggencarkan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada penyandang disabilitas. Menggali pengalaman para penyandang disabilitas dalam menyalurkan hak pilihnya pada saat Pemilu serentak Tahun 2024 di TPS, yang nantinya akan dijadikan bahan evaluasi dalam pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2024,” ujarnya

Hadir sebagai narasumber, pegiat pemilu Ngakan Made Giriyasa mengatakan, bahwa saat ini hak-hak dalam berpolitik dari teman-teman disabilitas sudah diakui dari level daerah bahkan sampai ke tingkat internasional. Pemilu itu adalah milik semua, dan karena itu semua perlu pendidikan politik. Temen-teman disabilitas juga perlu pendidikan politik.

“Pemilu juga merupakan sarana partisipasi politik bagi masyarakat, teman-teman disabilitas adalah bagian dari masyarakat, sehingga diharapkan teman-teman bisa berperan serta aktif dalam Pemilu/Pemilihan dengan cara ikut dating ke TPS untuk menggunakan Hak Pilihnya,” katanya.

Kegiatan Fasilitasi Penguatan Kepemiluan kepada Disabiltas yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Bangli mengundang Siswa SLB N 1 Bangli, Yayasan Kupu-Kupu Bali cabang Bangli, Yayasan Bunga Bali cabang Bangli. *** CMN=NT.

Facebook Comments

error: Content is protected !!