News

Sedana Arta Pimpin Peringatan Hari Lahirnya Pancasila

BANGLI (CAHAYAMASNEWS.COM). Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2024 yang bertempat di halaman Kantor Bupati Bangli Sabtu (01/06/2024). Sedana Arta mengajak semua pihak membumikan nilai-nilai Pancasila di Kabupaten Bangli untuk jengah membangun Bangli.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Kabupaten Bangli, Para Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Bangli, TNI, Polri serta seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli. Sebagai inspektur Upacara, Bupati Bangli SN Sedana Arta membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Bung Karno melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini,” ujarnya.

Sedana Arta saat dikonfirmasi usai upacara mengatakan Pemerintah Kabupaten Bangli melaksanakan peringatan hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni 2024, sekaligus juga membuka bulan Bung Karno yang akan dilaksanakan satu bulan penuh dari tanggal 1 – 30 Juni 2024. “Dalam kesempatan yang berbahagia ini kita ingin mengingatkan bahwa kita patut bersyukur karena memiliki Pancasila. Seperti yang sudah disampaikan oleh Bung Karno bukan hanya Dasar Negara tapi juga pandangan hidup Bangsa Indonesia yang lahir dan digali dari bumi pertiwi ini. Berbagai tantangan bangsa yang besar ini berhasil kita lewati karena kita memiliki Pancasila yang di dalamnya memiliki nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Semangat gotong royong yang sudah teruji selama puluhan tahun negara indonesia ini merdeka, maka dalam rangkaian menyambut Indonesia emas tahun 2045, juga harus lebih giat lagi membumikan nilai-nilai Pancasila. Demografi yang dimiliki sangat mempengaruhi perkembangan transformasi teknologi komunikasi, yang begitu besar, sehingga menghasilkan sumber daya manusia dan generasi yang kuat terhadap tantangan ke depan.

Sedana Arta minta, jangan pernah bosan untuk selalu bekerja keras, untuk selalu mampu dalam memecahkan permasalahan yang ada di Kabupaten Bangli ini. Maka dengan memperingati hari Pancasila ini kesadaran bahwa pancasila bukan hanya terucap tetapi juga Pancasila akan rasakan hidup dalam nafas kehidupan kita sehari-hari.

“Selamat merayakan hari kelahiran pancasila dan juga khususnya kepada generasi milenial, kitalah semua yang ada di Kabupaten Bangli memiliki tanggung jawab moral untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ini di Kabupaten Bangli,” pintanya. *** CMN=NT.

Facebook Comments