October 24, 2024
News

Bupati Karangasem Hadiri Deklarasi Kecamatan ODF di Manggis

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS.COM). Bupati Karangasem, I Gede Dana, menghadiri acara Deklarasi Kecamatan Open Defecation Free (ODF) di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, pada Jumat (7/6/2024). Acara ini merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat melalui sanitasi yang lebih baik.

Bupati Gede Dana menyampaikan bahwa sesuai dengan amanah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 tentang kesehatan, pembangunan kesehatan harus ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat masyarakat. Paradigma baru ini lebih menekankan pada upaya kesehatan yang bersifat promotif dan preventif daripada kuratif dan rehabilitatif.

Deklarasi ini merupakan bagian dari implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Pendekatan Keluarga, sebagaimana diamanatkan oleh Inpres No. 1 Tahun 2017. Salah satu indikator penting dari Pendekatan Keluarga adalah program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yang berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No. 3 Tahun 2014, terdiri dari lima pilar. Yaitu, Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Mengalir, Pengelolaan Air Minum dan Makanan, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga serta Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga.

Kecamatan Manggis merupakan kecamatan pertama di Kabupaten Karangasem yang mendeklarasikan diri sebagai Kecamatan ODF. Hal ini menandakan bahwa seluruh desa di Kecamatan Manggis telah 100% bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. Bupati Gede Dana sangat mengapresiasi usaha-usaha masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan melalui penerapan pilar-pilar STBM.

“Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas usaha masyarakat dalam menjaga desa melalui penerapan salah satu pilar STBM yaitu stop buang air besar sembarangan. Hal ini penting untuk mengendalikan penyakit berbasis lingkungan seperti diare, typhus, DBD, termasuk gizi buruk dan stunting,” ujar Gede Dana. Ia juga berharap deklarasi ini dapat menjadi contoh bagi kecamatan lainnya di Kabupaten Karangasem.

Bupati Gede Dana menutup sambutannya dengan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung deklarasi Kecamatan Manggis sebagai Kecamatan ODF. Ia juga mendorong para perbekel dan tokoh masyarakat untuk menyiapkan desa-desa lainnya agar memenuhi standar STBM, sehingga derajat kesehatan masyarakat terus meningkat dan umur harapan hidup bisa lebih panjang.

Acara ini diharapkan dapat menginspirasi kecamatan lainnya di Kabupaten Karangasem untuk mengikuti jejak Kecamatan Manggis dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. *** CMN= Prokopim=Tim.

Facebook Comments

error: Content is protected !!