October 24, 2024
News

Dalam Rangka HKB, BPBD Karangasem Beri Sosialisasi dan Edukasi Penanggulangan Bencana

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Guna memberikan pemahaman sekaligus mengedukasi sejak dini dalam menghadapi bencana alam yang datangnya tak bisa diprediksi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi penanggulangan bencana.  Untuk kegiatan kali ini menyasar anak usia dini. Demikian disampaikan Kepala Pelaksanaan (Kalaksa) BPBD Kabupaten Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa Kamis, (14/4/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB),  untuk hari ini kegiatan tersebut menyasar anak-anak didik di SD Negeri 10 Karangasem,  berjumlah 61 siswa/siswi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi dalam rangka menghadapi bencana, khususnya gempa bumi, untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi, mengingat di Karangasem memiliki potensi satu jalur gempa bumi.

Pihaknya juga memberikan lagu pendek, meminta kepada gurunya untuk menyanyikan bersama-sama setelah tri sandya sebelum belajar, dan lagunya pendek hanya 4 bait dan sangat sederhana.

“Jika sering dinyanyikan secara otomatis anak – anak selalu ingat, jika ada kejadian bencan gempa bumi mereka sudah terbayang untuk masuk ke kolong meja,” ujar Ida Ketut Arimbawa.

Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Penanggulangan Bencana dengan Materi Gempa Bumi yang diisi diantaranya, I Nyoman Wira Karmana (Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan), Permana Wahyuni,  (Kasubag Umum dan Keuangan) Ni Wayan Asmi Sukmawati, (Jafung Perencanaan ) dan I Wayan Pika Wiadnya (Jafung Penata Penanggulangan Bencana).

Selain kegiatan sosialisasi dan edukasi BPBD Karangasem menyerahkan Masker dan Piagam Penghargaan oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Karangasem sebanyak 140 Pcs Masker Kain diterima langsung Ibu Kepala Sekolah SDN 10 Karangasem. *** Cahayamasnews.com-Hms-Tim=01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!