October 24, 2024
News

Sikapi Banyaknya Guru Masuki Masa Pensiun, Bupati Gede Dana Segera Carikan Solusi Agar Proses Pendidikan tak Terbengkali

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Menyikapi catatan strategis yang disampikan Fraksi Golkar, sesuai data guru yang pensiun tahun 2021 dan tahun 2022 berjumlah 844 orang guru, maka jika tidak disikapi akan menyebabkan terbengkalainya proses belajar mengajar bagi anak didik. Bupati Gede Dana mengaku segera memprioritaskan anggaran untuk rekrutmen tenaga pendidik melalui P3K, lakukan verifikasi data sesuai aturan yang berlaku, jangan lagi merekrut guru dengan sistem kontrak, karena gaji guru kontrak tidak manusiawi.

Catatan berikutnya masalah blankspot untuk mendapat tindak lanjut terhadap sekolah-sekolah yang mengalami blankspot, sangat ditunggu oleh masyarakat realisasinya. Juga   dalam hal mutasi guru, hendaknya sesuai dengan asas manfaat, efesiensi, pemerataan. Jangan sampai mutasi terkesan ditumpangi kepentingan dendam politik team sukses PILKADA, akibatnya terjadi kegaduhan dan akan mengganggu keberlangsungan pendidikan di sekolah. Pemerintah daerah agar memaksimalkan program beasiswa di tingkat SD, SLTP, dan SLTA sehingga masyarakat dapat menikmati pendidikan secara gratis.

“Terkait adanya guru-guru memasuki masa pensiun, kami selalu mengusulkan ke pusat, namun di pusat tidak segampang yang kita pikirkan. Kami akan menata mulai sekarang jangan sampai anak-anak didik tidak mendapat pendidikan. Jika usulan tersebut tidak diberikan oleh pusat apa yang kami minta, maka kami akan kontrak jangan sampai anak didik tidak dapat pendidikan,” tegasnya.

Kalau mengusulkan  P3K – kan sudah banyak sekali yang diusulkan yakni ada sebanyak 900 orang, dan itupun baru terpenuhi sebanyak 600.

“Kami terus berupaya dari perekutan P3K, dari CPNS kalau nggak bisa kontrak. Kami punya pemikiran akan menggabung sekolah-sekolah yang sedikit muridnya terutama keberadaan  sekolahnya yang  dekat-dekat  juga  guru-gurunya digabung. Namun semua ini masih dalam pemikiran dan ini perlu mendapat kajian dulu,” terang Bupati I Gede Dana. *** Cahayamasnews.com-Hms-Tim=01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!