October 23, 2024
News

Wabup Diar Minta OPD Prioritaskan Program Percepatan Penurunan Stunting

BANGLI (CAHAYAMASNEWS.COM). Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Bangli I Wayan Diar yang juga Wakil Bupati Bangli memimpin rapat evaluasi hasil tindak lanjut kasus stunting, Senin (28/11/2022) di Ruang Diklat Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali.

Wabup Diar menyampaikan peningkatan kualitas manusia Indonesia merupakan salah satu misi sebagaimana tertera pada rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan salah satu indikator dan target adalah prevalensi stunting (pendek dan sangat pendek) pada balita yaitu 14 % pada tahun 2024. Indikator prevalensi stunting juga merupakan indikator tujuan pembangunan berkesinambungan atau Sustainable Devlopment Goals (SDGs), khususnya pada tujuan kedua yakni ‘menghilangkan Kelaparan, mencapai ketahanan pangan, dan gizi yang baik serta meningkatkan pertanian berkelanjutan.

Dijelaskan pula, Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting telah ditetapkan lima strategi nasional dalam percepatan penurunan stunting. Kelima strategi dimaksud adalah peningkatan komitmen dan visi kepeminpinan di kementrian/lembaga pemerintah daerah provinsi pemerintah daerah kabupaten/kota dan pemerintah desa.

“Sementara dalam Peraturan Presiden mengarahkan pendekatan pencegahan lahirnya balita stunting melalui pendampingan keluarga beresiko stunting, agar siklus terjadinya stunting dapat dicegah, perlu adanya formulasi kebijakan dan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan,” ujarnya.

Wabup Diar meminta kepada seluruh OPD terkait untuk dapat bersinergi dan bersama-sama melakukan kegiatan intervensi dengan menyusun program dan kegiatan serta ketersediaan anggaran yang dimiliki dalam upaya percepatan penurunan stunting pada dinas masing-masing. Agar seluruh pemangku kepentingan yang hadir dalam kegiatan tersebut dapat memberikan komitmennya dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Bangli.

“Upaya penurunan stunting menjadi prioritas utama pelaksanaan pembangunan di tingkat kota hingga tingkat desa,” ujarnya. *** Cahayamasnews.com/Tim=NT.

Facebook Comments

error: Content is protected !!