October 24, 2024
News

Jelang Lebaran Idul Fitri 2023, Harga dan Ketersediaan Pangan Dipastikan Aman

SINGARAJA (CAHAYAMASNEWS.COM). Tim Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Buleleng memastikan ketersediaan pasokan pangan tersedia dan harga komoditi stabil jelang bahkan sampai sesudah lebaran Idul Fitri 2023. Ini setelah Satgas Ketahanan Pangan Buleleng melakukan sidak ke beberapa pasar yang ada di Bali Utara. Sekretaris II Satgas Ketahanan Pangan Buleleng I Gede Putra Aryana Minggu (9/4/2023) mengatakan, dari hasil pantauan dipastikan ketersediaan pangan dan harga komoditas seperti beras, cabai dan minyak goreng dipastikan aman.

“Astungkara ketersediaan pangan aman dan harga komoditi stabil sebelumĀ  dan bahkan sesudah lebaran nanti,”

Gede Putra Aryana menambahkan, selain melibatkan satgas, pihaknya juga mengerahkan Tim Analis Pangan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) melakukan pemantauan setiap harinya guna memastikan tidak ada kenaikan harga dan kelangkaan komoditi sebelum dan sesudah lebaran.

Bahkan dalam pemantauan terakhir yang dilakukan, ada salah satu distributor yang mengalami kehabisan stok minyak. Sedangkan di beberapa tempat distributor lainnya stok minyak masih aman.

“Namun keaadaan ini sudah bisa diantisipasi oleh satgas serta tidak perlu dikhawatirkan,” tegasnya.

Di sisi lain Mantan Camat Busungbiu meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak panik dan berbelanja sesuai kebutuhannya saja. Ini karena tidak mungkinan lonjakan harga pasti ada karena permintaan dari satu komoditas itu tidak diiringi dengan ketersedian pangan.

Untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan, satgas pangan melalui Perusahaan Milik Daerah (Perumda) Swatantra dan Perumda Pasar Argha Nayottama Buleleng membuka gerai di dua induk pasar setiap hari.

“Kemungkinan itu bisa saja terjadi dan kami sudah siap antisipasi itu. Jika, ada pihak tertentu menimbun komoditi, sehingga kelangkaan pangan dan harga tetap dikendalikan,” tegasnya. *** CMN=TIM-01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!