October 25, 2024
News

Polres Karangasem Amankan WNA asal Inggris yang Ditemukan Nelayan di Tengah Laut Candidasa

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS.COM). Seorang nelayan saat melaut di Perairan Candidasa, Desa Bugbug, Karangasem, menemukan seorang Warga Negara Asing (WNA) Berkewarganegaraan Inggris di tengah laut dekat Pulau Kambing pada Selasa (29/8/2023) pukul 21.30 Wita.

Menurut informasinya, WNA (korban) tersebut berenang di tengah laut tanpa alat apapun sampai akhirnya diselamatkan oleh seorang nelayan bernama Abdullah. Selanjutnya WNA itu dibawa ke pinggir pantai dan dibawa ke rumah warga. Berselang 1 jam berkomunikasi, WNA tersebut tampak linglung dan tidak mengetahui asal negaranya, namun sempat terucap dengan suara kurang keras, dan mengaku berasal dari Inggris.

“Kemudian nelayan yang menemukan menghubungi BAKAMLA BPBD Karangasem, dan WNA itu dibawa ke Polres Karangasem dini hari pukul 00.15 Wita,” jelas Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna Rabu, 30/8/2023.

Kapolres Ricko AA Taruna menambahkan, dari keterangannya, WNA itu mengakui bahwa Paspor sudah habis masa berlakunya. Selanjutnya pihaknya mengambil langkah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial, Pol PP Kabupaten Karangasem, dan Imigrasi untuk proses penanganan selanjutnya.

“Saat ini korban masih berada di SPKT Polres Karangasem menunggu dijemput oleh Tim dari Dinas Sosial, Pol PP dan pihak Imigrasi,” jelas Kapolres.

Kepala Dinas Sosial I Komang Daging saat dihubungi membenarkan penemuan WNA tersebut. “Tadi pagi pihak Polres Karangasem telah menyampaikan kepada kami. Saat ini WNA tersebut telah kami kirim ke rumah sakit untuk proses penanganan kesehatannya. Dan dia masih menjalani konservasi dan pemeriksaan kesehatan beberapa hari. Sambil kami melakukan koordinasi dengan imigrasi Singaraja,” ungkap Komang Daging. *** Cahayamasnews.com/Tim-01.

 

Facebook Comments

error: Content is protected !!