October 24, 2024
News

Usung Tema Wujudkan Pinandita yang Profesional, Intelektual, Moderat dan Penuh Pengabdian, PSN Rayakan HUT ke 25

DENPASAR (CAHAYAMASNEWS.COM). Bertempat di Gedung Dharma Negara Alaya Kota Denpasar Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Buda Umanis Prangbakat, Rabu (29/5/2024). Perayaan HUT tahun ini mengusung tema “Melalui HUT PSN ke 25. Kita wujudkan Pinandita yag Profesional, Intelektual, Moderat dan Penuh Pengabdian”. HUT ke-25 ini diharapkan menjadi momentum untuk menggelorakan spirit Vasudhaiva Kutumbakam untuk terus melayani dan meningkatkan kualitas umat Hindu sesuai dengan sastra agama. 

Rangkaian perayaan HUT ke-25 ini diawali dengan penampilan Bondres dari PSN Bali dan pembacaan Sloka. Pada kesempatan itu juga dirangkai acara pembukaan kursus Brahma Widya, serta penyerahan bantuan. Sebagai pemuncak acara, turut dilaksanakan pemotongan tumpeng HUT ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara dan Dharma Wacana. Selain dihadiri Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, juga dihadiri oleh Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta serta undangan lainnya.

Ketua PSN Korwil Provinsi Bali, Jro Mangku I Wayan Dodi Arianta didampingi Ketua Panitia, AA Mangku Gede Agung mengatakan, bahwa HUT ke-25 PSN merupakan momentum silaturahmi sekaligus menguatkan organisasi. Pada perayaan kali ini mengangkat tema ‘Melalui HUT ke-25 PSN kita wujudkan pinandita yang profesional, intelektual, moderat dan penuh pengabdian’.

Tema ini lanjut Jro Mangku Wayan Dodi merupakan sebuah upaya berkelanjutan dalam meningkatkan pelayanan bagi umat Hindu. Serangkaian HUT tahun ini, berbagai kegiatan turut dilaksanakan. Beberapa di antaranya yakni Seminar Nasional, Panglukatan Banyu Pinaruh, Khursus Teologi Brahma Widya hingga berbagai pementasan seni.

“Pada kesempatan baik ini, kami mewakili seluruh panitia dan anggota PSN mengucapkan terima-kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, semoga secara berkelanjutan PSN dapat terus melayani umat Hindu, serta dapat mewujudkan pinandita yang handal, profesional, solid, berintegritas tinggi dan moral spiritual yang tangguh,” ungkapnya.

Pihaknya berharap ke depan dua hal yang diidamkan, yakni perhatian terhadap kesejahteraan pinandita oleh instansi pemerintah dan instansi lainnya, dan berharap agar para pinandita lebih terangsang untuk belajar meningkatkan kualitas diri untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Lebih jauh dijelaskan, pada bulan Juli PSN akan melaksanakan kegiatan akbar berupa Penglukatan Agung Banyu Pinaruh di Pantai Mertasari, Denpasar.

Semenara itu Ketua Panitia, AA Mangku Gede Agung mengatakan, terkait pelaksanaan HUT ke-25 ini semua berjalam aman, dan lancar berkat doa, dukungan, dan peran serta semua pihak. Untuk itu pihaknya tak lupa mengucapkan banyak terima kasih.

Di sisi lain Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, keberadaan pinandita atau pemangku sebagai salah satu pelayan umat tentunya memiliki tanggung jawab yang berat dalam menjalankan tugas-tugas bidang keagamaan. Dimana seorang pinandita dewasa ini tidak hanya melaksanakan tugas pelayanan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, pinandita juga diharapkan mampu memberikan tuntunan kepada umat terlebih dalam situasi perkembangan zaman seperti sekarang.

Lebih lanjut dijelaskan, melalui sastra suci keagamaan, pinandita diharapkan mampu menggetoktularkan ajaran dharma. Sehingga umat dapat berpikir, berkata dan berbuat sesuai dengan ajaran keagamaan. Hal ini tentu sejalan dengan visi Kota Denpasar yaitu Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul).

“Mewakili Bapak Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara dan seluruh komponen masyarakat Kota Denpasar mengucapkan ‘Selamat Ulang Tahun ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara, semoga momentum ini dapat menjadi wahana impementasi sepirit Vasudhaiva Kutumbakam bahwa kita semua bersaudara untuk terus memberikan pelayanan bagi umat Hindu sesuai dengan sastra agama,” tegasnya. *** CMN=Andi.

Facebook Comments

error: Content is protected !!