October 24, 2024
News

Bupati Bangli Buka Pamnas Bonsai di Alun-alun Bangli

BANGLI (CAHAYAMASNEWS.COM). Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) Cabang Bangli kembali menggelar pameran nasional (Pamnas) di Alun-alun Bangli dibuka oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta (30/5/2024).

Ratusan bonsai ini dari Bali dan luar Bali bahkan ada luar negeri yakni dari Thaelan.  Ketua panitia Panwas Cabang Bangli I Nyoman Susila dalam laporannya menyampaikan pameran ini bertujuan untuk mengenalkan bonsai kepada masyarakat sehingga bisa meningkatkan UMKM masyarakat Bangli di bidang bonsai, pameran juga sebagai ajang tahunan untuk mengedukasi masyarakat tentang berbonsai tanpa merusak alam dengan berbudidaya di masing-masing di rumah.

“Pameran diikuti 907 peserta terdiri dari 18 kelas dimaksud yakni prospek Pratama Madya utama, small prospek, small Pratama, Mami prospek dan Mami Pratama peserta yang ikut ada dari luar Bali dan lokal Bangli bahkan dari luar negeri,” ujarnya.

Selanjutnya peserta paling jauh dari Lampung beserta pameran ini kurang lebih dari 12 provinsi rangkaian kegiatan Pamnas diawali penerimaan pohon pencujian, pemancapan bendera, sarasehan dan penutupan saat ini bonsai sudah lengkap dan menempati display penjurian dimulai tanggal 28 29 Mei penancapan bendera dilakukan 30 Mei 2024 sekaligus pembukaan dan 5 Juni 2024 ditutup dengan pementasan hiburan.

Sementara itu Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi anggota Forkompinda pengguntingan pita pembukaan Pamnas kepada awak media mengatakan, seitan tahun Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) Cabang Bangli kembali menggelar Pameran Nasional (Pamnas) bonsai di Alun-alun Bangli Dimana sangat mengafresiasi keikut sertaan.

“Dimana bukan dari Indonesia saja yang ikut namun dari luar negeri juga ikut serta, ternyata banyak berkembang pesat di Kabupaten Bangli, ini menunjukkan komunitas bonsai di Bangli bertahan namun cendrung berkembang. Hal itu penggemar bonsai disamping peminat namun juga penghobi disamping itu juga bernilai ekonomis,” katanya.

Sedana Arta berharap di tahun yang akan datang ajang seperti ini selalu dilaksanakan karena Pemda Bangli selalu memfasilitasi komunitas yang di Kabupaten  Bangli terutama bonsai disamping komunitas lain juga disuport dan akhir bulan Juni akan ada lomba burung berkicau. *** CMN=NT.

Facebook Comments

error: Content is protected !!