October 26, 2024
Pendidikan

Di Balik Wabah Virus Corona Melanda Dunia, Semua Bermuara untuk Keseimbangan Alam Beserta Isinya

Kita (manusia) tak pernah tahu apa tujuan dari rencana Tuhan, karena Tuhan memang menciptakan seluruh yang ada di dunia ini termasuk manusia itu sendiri yang dikatakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, namun tetap juga tidak sempurna dan penuh dengan keterbatasan. Keterbatasan pikiran manusia tak mampu menelaah sebuah kejadian secara keseluruhan. Kita hanya mampu melihat kenyataan yang bisa dilihat oleh mata fisik saja. Seperti wabah Virus Corona (covid-19) yang sedang mengancam keselamatan manusia di muka bumi ini. Ribuan, puluhan ribu jiwa manusia melayang menjadi korban keganasan virus tersebut. Tak hanya itu, virus tersebut telah memporakporandakan perekonomian umat manusia di seluruh dunia. Tak ada satupun manusia yang mampu mengetahui tujuan sesunggunya di balik kejadian yang mengebohkan dan bahkan menjadi momok menakutkan di seluruh dunia ini.

Kita percaya semua kejadian luar biasa yang menimpa umat manusia, tak lepas dari rencana-Nya. Kalau kita memandang bencana itu dari sudut pandang kemanusiaan, tentu hal ini sangat merugikan kita semua, menyebabkan banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan bahkan kehilangan nyawa. Sebagian kegiatan warga berhenti seketika, dan bila sebagian aktivitas manusia terhenti dalam kurun waktu yang lama, sudah pasti akan melumpuhkan perekonomian negara bahkan dunia.

Tetapi lihatlah perubahan yang tersembunyi di balik wabah korona ini. Setelah diberlakukannya lock down di beberapa negara, dan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) ini menyebabkan tingkat polusi udara berada di titik terendah (menurut penelitian para ahli) dalam 30 tahun ini. Tidak hanya udara yang mengalami peningkatan kualitas, tetapi atmosfir juga terjadi perbaikan dan pembersihan. Air hujan yang jatuh ke bumi memperbaiki struktur tanah, membersihkan debu yang menutupi dedaunan, berkurangnya hama tanaman, diiringi peningkatan kualitas buah-buahan dan umbi-umbian.

Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi semua orang dan semua makhluk yang mengkonsumsinya. Dari adanya bencana alam termasuk wabah korona ini, membuat kita semakin sadar, bahwa betapa besar peranan alam semesta bagi kelangsungan hidup semua makhluk. Kerena itu, kita jangan memandang bencana dari sebelah mata saja, tetapi lihatlah keuntungan-keuntungan lain yang ditimbulkan, untuk kepentingan kita bersama, dan kepenting generasi yang akan datang sebagai generasi penerus.

Tentu ini adalah pendapat saya pribadi (penulis) tidak bermaksud membela virus korona tersebut, melainkan mengajak semua orang untuk menyikapi sebuah kejadian dari sisi positifnya, agar kita tidak merasa takut ataupun cemas secara berlebihan dan larut dalam kesedihan. Setiap orang pasti takut sakit, takut miskin, dan lebih menakutkan lagi takut menghadapi kematian. Hal itu wajar dan alami. Tetapi bagaimanapun juga semua orang akan mengalami yang namanya kematian. Karena tidak ada yang pasti di dunia ini selain kematian itu sendiri.

Oleh sebab itu, kita hendaknya jangan terlalu khawatir akan datangnya musibah atau wabah, yang terpenting kita tetap waspada, selalu mentaati imbauan pemerintah dan team medis seperti: selalu menjaga jarak aman, menjaga kebersihan badan dan lingkungan, kurangi aktivitas di luar, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, berjemur di pagi hari dan lain -lain. Yang terpenting lagi adalah jangan lupa berdoa kepada Tuhan, agar kita semua tabah dan dapat melewati dengan selamat masa-masa sulit ini. Akhir kata; ‘Salam Damai dan Sejahtera’ bagi kita semua.*** I Wayan Wira. Penulis tinggal di Desa Luwus, Tabanan, Bali.

Facebook Comments

error: Content is protected !!