October 25, 2024
News

Pastikan LP Bersih dari Barang Terlarang, Pejabat Struktural dan Petugas Pengamanan Lapas Kelas IIB Jalani Tes Urine

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan masuknya barang-barang terlarang di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Karangasem, Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Karangasem melaksanakan kegiatan tes urine kepada seluruh pejabat struktural dan petugas pengamanan Lapas kelas IIB Karangasem, Selasa, (13/10/2020), bertempat di Lapas kelas IIB jalan Serma Natih, Karangasem.

Kepala BNNK Karangasem Kompol La Muati, mengatakan, pelaksanaan sosialisasi bahaya narkoba dan tes urine ini merupakan permintaan dari pihak Lapas kelas IIB beberapa waktu lalu. “Saya memberikan apresiasi dengan komitmen yang tinggi melaksanakan kegiatan semacam ini. Peserta yang menjalani tes urine berjumlah 30 orang sesuai absen.

Kegiatan ini sebagai implementasi dari Peraturan Presiden nomor 2 tahun 2020, dimana seluruh Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah, supaya melakukan langkah-langkah pencegahan bahaya narkoba. “Kami hanya bertugas melaksanakan pemeriksaan dan memberikan sosialisasi,” ujar La Muati.

Sementara itu, Kepala Lapas kelas IIB Karangasem Jaka Prihatin mengaku, pelaksanaan sosialisasi bahaya narkoba dan ter urine oleh BNNK Karangasem, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan masuknya barang-barang terlarang. “Selain itu kegiatan tes urine ini bertujuan untuk memastikan, bahwa  pegawai di sini semuanya bersih dari penyalahgunaan narkoba dan tidak terlibat dalam peredaran gelap narkotika,” ujar seraya menambahkan, jika ada pegawai di sini hasilnya positif juga disampaikan ke pimpinan sebagai laporan untuk selanjutnya ditindaklanjuti.

Kalapas Jaka Prihatin menambahkan, yang  dites urine baru 30 pegawai sesuai absen dan sisanya menyusul. “Situasi ditengah pandemu Covid-19 tentu kami membatasi sesuai dengan Prokes. Kemudian terkait tes urine terhadap narapidana sudah kami laksanakan beberapa waktu lalu, namun tidak melibatkan BNNK,”  ujarnya. Hasil dari kegiatan ini bahwa semua pegawai yang menjalani tes urine itu dinyatakan negatif. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!