October 25, 2024
News

Demi Keamanan dan Keselamatan Bersama, Bawaslu Karangasem Tekankan Selalu Taati Prokes saat Kampaye

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Perhelatan Pilkada serentak 2020 berlangsung di tengah pandemic Covid-19 yang hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan berakhir, maka penerapan protokol  kesehatan harus tetap dilaksanakan dengan taat, ketat, dan disiplin, utamanya kepada masing – masing Pasangan Calon (Paslon) saat melaksanakan tahapan kampanye. Hal itu tiada lain bertujuan untuk kebaikan dan keselamatan bersama mencegah terjadinya klaster baru pandemic Covid-19. Penegasan itu disampaikan Ketua Bawaslu Karangasem I Putu Gede Suastrawan, ketika ditemui di kantornya, Kamis (15/10/2020).

“Dalam hal ini penyelenggara KPU telah mengaturnya pada PKPU No 13 tahun 2020. Terlebih kedua Paslon telah melalukan penandatangan pakta integritas penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19, pemilihan bupati dan wakil bupati karangasem tahun 2020, beberapa waktu lalu. Ketika Paslon melaksankan kampanye tatap muka dengan menghadirkan masyarakat dibatasi maksimal 50 orang, dengan selalu mentaati Prokes seperti mengatur jarak duduk antar masa yang lain 1 meter, memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan sebelum masuk,” ungkapnya.

Lebih jauh Sustrawan menambahkan, saat Paslon nantinya dijumpai melanggar Prokes, maka pihaknya terlebih dahulu mengingatkan ke tim  Paslon. Namun, apabila dalam kurun waktu 1 jam sejak diingatkan, toh juga dilanggar, pihaknya (Bawaslu) bakal mengambil tindakan tegas dengan membubarkan kegiatan kampanye tersebut.

Dalam pengawasan prokes terhadap kegiatan kampanye Paslon,  bawaslu  bekerjasama dengan Pokja yang di dalamnya ada unsur dari Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Bawaslu, KPU, Satpol PP Karangasem, gugus tugas Covid-19. “Dalam kegiatan tahapan kampanye Paslon yang telah berjalan, untuk sementara belum ada masuk laporan ke Bawaslu dari Paswacam,” katanya seraya mengharapkan kepada kedua Paslon untuk selalu  mentaati Prokes saat berkampanye, untuk kebaikan dan keselamatan bersama. *** Cahayamasnews.com-Tim-01.

Facebook Comments

error: Content is protected !!