News

Wabup Suiasa Buka Workshop Nasional ASDEKSI

Mangupura (Cahayamasnews).Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka Workshop Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota seluruh Indonesia (ASDEKSI) yang dilaksanakan di Hotel Plagoo Holiday Bali di Taman Mumbul Nusa Dua, Jumat (18/10). Pembukaan ditandai dengan Pemukulan Gong dan Penyematan tanda peserta. Workshop yang mengambil topik “Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan serta Manajemen Persidangan dan Reses pada Sekretariat DPRD” mendatangkan Narasumber dari Widya Iswara Utama Pusdiklat BPK RI dengan jumlah Peserta 1100 Orang.

Wakil Bupati Badung  I Ketut Suiasa sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Asdeksi ini karena Sekretaris Dewan (Sekwan) berperan ganda di mana secara teknis operasional bertanggung jawab kepada pimpinan Dewan sedangkan secara administratif bertanggung jawab kepada Kepala Daerah. Jadi dengan demikian di sinilah kekhususan dan kelebihan Sekwan dibandingkan dengan sekretaris di lembaga eksekutif di Indonesia. Dengan memiliki pertanggungjawaban ganda ini, Sekwan harus memiliki kemampuan lebih daripada yang lainnya, karena ada di lingkungan ranah lembaga politis dan juga dalam lingkungan teknis administrasi biokrasi, sedangkan perangkat daerah lain hanya ada di lingkungan biokrasi saja.

Pihaknya berharap agar peserta Workshop ini dapat mendiskusikan apa yang menjadi subyek materi substansi dan saling tukar pikiran sehingga  memiliki rumusan bersama untuk kepentingan daerahnya. Sedangkan Ketua Umum ASDEKSI Nasional Tri Puguh  Priyadi, SH., MM., mengucapkan terima-kasih kepada Wakil Bupati Badung atas kehadirannya. Kepada Sekwan yang baru di lantik diharapkan bisa menyesuaikan diri dan menggalang silahturahmi dengan teman sekwan yang lainnya sehingga kedepan semakin profesional. Acara juga dihadiri Perwakilan Dirjen Otda Dr. Romy, Perwakilan Direktur Pelaksana dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Sekretaris Dewan Kabupaten Badung I Nyoman Pradangga. *** Cahayamasnews.com/HmsBadung.

Facebook Comments