News

Bupati Klungkung Berharap LPD Mampu Beri Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat.

SEMARAPURA (CAHAYAMASNEWS). Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri Acara Gebyar pengundian Hadiah Tabungan dan Deposito serta pemaparan perkembangan LPD Desa Adat Gelgel tahun 2019 bertempat di Depan Kantor LPD Desa Adat Gelgel pada Minggu (20/10/2019) malam kemarin.  Ketua Panitia I Made Suardika menyatakan untuk memeriahkan Gebyar pengundian Hadiah Tabungan dan Deposito  diadakan kegiatan Jalan Sehat dengan mengambil rute sebagai berikut, start dimuali dari pertigaan Desa Adat Gelgel (Patung Kuda) menuju Desa Kamasan, kemudian ke arah selatan menuju Desa Tojan, selanjutnya menuju Gor Swecapura dan finish di Depan kantor LPD Desa Adat Gelgel. 

Kepala LPD Desa Adat Gelgel I Wayan Tista  dalam pemaparan  perkembangan LPD Periode 5 tahun 2019 menyatakan LPD sudah mengadakan beberapa kegiatan diantaranya, Wirasa LPD dimana dalam kegiatan tersebut diadakan pemberian sembako kepada lansia yang berkategori tidak mampu, penyandang disabilitas dan keluarga tidak mampu. Kegiatan Wirasa LPD ini merupakan bukti nyata kepedulian LPD di tengah masyarakat Desa Adat Gelgel. Pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi di lingkungan Desa Adat Gelgel sebanyak 108 orang, Ketiga, Pemberian Bukti kasih kepada Jro Mangku Kahyangan Tiga Desa Adat Gelgel, Jro Mangku Pemucuk Pura Dasar Buana Gelgel, Pura Melanting dan Pesamuan Pemangku Desa Adat Gelgel, dan pemberian Bukti Kasih kepada Pecalang Desa Adat Gelgel atas pengabdian kepada Desa Adat.

Bendesa Adat Gelgel I Putu Arimbawa menyampaikan mengapresiasi kepada LPD Desa Adat Gelgel sudah membantu pelaksanaan Karya Pura Dasar Buana Gelgel. Dirinya mengajak Masyarakat Desa Adat Gelgel untuk mendukung LPD Desa Adat Gelgel. Terkait Dana pembangunan tersebut, Dana bantuan dari LPD Desa Adat Gelgel sebenarnya sudah diserahkan pada bulan Januari 2019 yang digunakan untuk membantu pembangunan Pasar Adat Gelgel. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan LPD merupakan Lembaga Ekonomi Desa. LPD dianggap mampu dan berhasil jika masyarakatnya semua meminjam uang di LPD. Jika Laba LPD Tinggi berarti Laba tersebut berasal dari masyarakat. Bupati Suwirta mengharapkan LPD dapat memberikan Bunga yang rendah dan bersaing, maka yang menikmati kedepan adalah masyarakatnya langsung. “Yang terpenting bukan memperoleh Laba sebanyak-banyaknya, tetapi LPD dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ingat Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengingatkan agar kepercayaan LPD meningkat maka LPD harus diawasi oleh Bendesa dan Prajuru dalam bidang keuangan. Terkait hal tersebut Bupati Suwirta juga menugaskan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Klungkung agar mengawasi dan mengaudit lembaga ekonomi yang ada di Desa, baik itu menggunakan uang Pemerintah maupun uang masyarakat karena masyarakat juga bagian dari pemerintah itu sendiri. Pada kesempatan itu diisi penyerahan simbolis Dana Pembangunan Desa Adat Gelgel tahun 2018 yang dilakukan Kepala LPD Desa Adat Gelgel I Wayan Tista kepada Bendesa Desa Adat Gelgel I Putu Arimbawa. *** Cahayamasnews.com/HumasKlk/Cok.

 

Facebook Comments