Pendidikan

Ny. Selly Mantra Berbagi Pengalaman Mendidik Anak Zaman Now. Orang Tua Harus Pahami Karakter Anak

DENPASAR (CAHAYAMASNEWS). Berkembangnya teknologi jika dimanfaatkan secara positif akan sangat bermanfaat namun jika digunakan secara negatif akan berdampak buruk. Dengan berkembangnya teknologi dewasa ini banyak orang tua yang mengeluh karena susah mendidik dan berkomunikasi dengan anak-anaknya. Untuk menjawab keresahan masyarakat tersebut khususnya para orang tua, maka Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Bali melalui pogramnya Kita Sayang Remaja (Kisara) menggelar Parenting Class, Trik Jitu Berkomunikasi Dengan Remaja Jaman Now di Tukad Bindu Sabtu (26/10).

Acara ini langsung mendatangkan narasumber yang berpengalan langsung dalam pola mendidik anak di zaman dulu dan now yakni Ketua PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly Mantra serta Psikologi Keluarga Ida Ayu Alit. Dalam kesempatan itu Ny. Selly berbagi pengalamannya dalam mendidik anak-anaknya. Mengingat Ny. Selly memiliki putra pertama, kedua memiliki jarak yang jauh dengan anak ketiga. Sehingga dalam mengasuh maupun mendidik mengalami dua periode yang berbeda yakni di zaman dulu dan sekarang. Hal itu menurutnya sangat susah, maka dari itu Ny. Selly Mantra mengaku pada jaman anaknya pertama dan kedua belum mengenal gedget sehingga aktifitas lebih banyak diluar rumah. Sehingga dirinya merasa was-was ketika anaknya lebih banyak diluar.

Sedangkan untuk anaknya yang nomor tiga di zaman now ini lebih banyak di dalam rumah bahkan ketika anaknya diajak untuk keluar sangat susah. Hal itu karena sebagian waktunya digunakan bermain gedget di dalam kamar. “Sebenarnya ini yang berbahaya karena berbagai hal bisa dicari melalui HP, seakan dunia ini berada di gemgemannya,’’ ungkapnya. Mendidik anak zaman sekarang lebih susah dibandingkan mendidikan anak di zaman dulu. Mengingat perkembangan teknologi saat ini membuat anak pengetahuannya lebih luas. Agar orang tua tidak merasa was-was dalam mendidik anak di zaman digitalisasi saat ini Ny. Selly memberikan trik yang sangat jitu kepada masyarakat diantaranya adalah sebagai orang tua khususnya seorang ibu harus memahami karakter anak. “Karena perubahan sekecil apa pun yang terjadi pada anak ibu yang paling mengetahuinya,’’ ungkapnya.

Menurut Ny. Selly masing-masing anak itu memiliki karakter yang berbeda sehingga tidak bagus untuk  membandingkan anak satu dengan yang lain. Maka pola asuh dalam mendidik anak selanjutnya adalah  orang tua harus lebih banyak mendekatkan diri pada anak dengan  menjalin komunikasi yang baik seperti bertanya sudah makan, belajar dan harus ada sentuhan langsung seperti peluk maupun cium. Sebagai orang tua harus bisa memposisikan diri sebagai remaja dan teman bagi remaja. “Dengan mendekatkan diri maka anak akan lebih terbuka dengan kita,’’ ungkapnya. Direktur PKBI Bali I Komang Sutrisna mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan untuk menjawab keluhan masyarakat dalam berkomunikasi dan mendidik anak-anaknya di zaman now seperti saat ini. Pihaknya mengaku dewasa ini banyak anak yang menggunakan media sosial yang tidak baik seperti merekan dan menyebar luaskan beberapa organ tubuhnya yang semestinya harus ditutupi. Bahkan ketika vidio tak senonoh mereka tersebar banyak anak yang tidak merasa cemas dan merasa tidak terjadi apa-apa. “Hal seperti itu yang harus di dikawatirkan maka kami melaksanakan kegiatan ini untuk menjawab permasalahan para orang tua,’’ ungkapnya. Dalam kegiatan ini pihaknya sengaja mendatangkan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijya Mantra sebagai narasumber. Karena beliau akan membagi pengalaman pribadinya mengingat dalam mendidik anak beliu mengalami di dua zaman yang berbeda. “Dengan pengalaman beliu langsung para orang tua akan lebih paham dalam mendidik anak-anaknya,’’ ungkapnya. *** Cahayamasnews.com/HmsDps/Ayu.

Facebook Comments