News

Sampah Menumpuk di Got Jadi Penyebab Banjir, Bukti Minimnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Kebersihan

BANGLI (CAHAYAMASNEWS). Hujan mulai turun di Kota Bangli mengundang kekhawatiran warga terutama yang berada dihilir Jalan Brigjen Ngurah Rai. Pasalnya, sejumlah got di Kota Bangli dijubeli tumpukan sampah. Sampah tersebut diterjang air bah sehingga air meluber ke jalan bersama sampah menjadi penyebab banjir. Pantauan di sejumlah kawasan di Kota Bangli, tumpukan sampah tampak terlihat. Tumpukan sampah tergolong cukup tebal dan panjang. “Kalau musim hujan, air yang disertai sampah meluap dan menerjang ke SPNU yang ada disebelahnya, ” ujar I Wayan Saba saat ditemui Minggu (3/11/2019).

Belakangan ini Kota Bangli sering diterjang banjir saat hujan, meski perbaikan drainase telah dilakukan namun luberan air  dengan membawa sampah masih sering dijumpai. Seperti di pertigaan jalan menuju LC. Uma Aya, tepatnya utara SPBU Kota Bangli sekarang tetap menjadi langganan. “Karena perbaikan drainase sampai disana, maka di lokasi ini air sering naik ke jalanan,” ucapnya. Sebelumnya Sekdis PU Bangli I Made Soma sempat mewacanakan akan membangkitkan tenaga penggelontor got di Kota Bangli. Tenaga ini sebelumnya sempat ada, namun karena keterbatasan anggaran, tenaga ini sempat menghilang. Karenanya, sejalan dengan seringnya kota Bangli dilanda banjir, maka pihaknya  memandang perlu tenaga diaktifkan kembali.

Sementara itu Kadis DLH Bangli Ida Ayu Gede Yudi Sutha saat dikonfirmasi terpisah tidak menampik masih ditemukannya tumpukan sampah yang dibawa oleh air meluber ke jalan  tersebut. Untuk itu, kata dia, pihaknya sudah menerjunkan petugas kebersihan. “Kita memerintahkan petugas kebersihan sampah  yang ada di sejumlah di Kota Bangli terutama yang ada di pertigaan jalan menuju LC Subak Aya dan sepanjang Jalan Lettu Kanten, tepatnya di bundaran patung Narasinga,” pungkasnya. *** Cahayamasnews.com/Agung Natha.

 

Facebook Comments