Adat dan Tradisi

Wawali Jaya Negara Mendem Pedagingan di Pura Subak Lungatad, Peguyangan Kangin.

DENPASAR (CAHAYAMASNEWS). Serangkaian Pemlaspasan dan Mendem Pedagingan di Pura Subak Lungatad, Desa Peguyangan Kangin, Denut dilaksanakan rangkaian prosesi upacara pada Rahina Purnama Kalima , Selasa (12/11) di pura setempat. Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Walikota Denpasar, I.GN Jaya Negara didampingi Camat Denut Nyoman Lodra, Kadis PUPR Kota Denpasar Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta beserta  tokoh masyarakat dan adat setempat.

Wakil Walikota Denpasar, I.GN Jaya Negara menyambut baik pelaksanaan upacara Pemlaspasan dan Mendem Pedagingan di Pura Subak Lungatad, Desa Peguyangan Kangin, Denpasar Utara. “Upacara ini merupakan satu  bentuk perwujudan Sradha Bhakti masyarakat dalam meningkatkan nilai spiritual sebagai umat  beragama. “Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pancaran energi positif untuk membersihkan hal- hal negatif yang tidak diinginkan demi terciptanya keseimbangan jagat beserta isinya” ujar Wawali Jaya Negara.

Pekaseh Subak Lungatad, I Made Maja saat ditemui mengatakan rangkaian Pemlaspasan dan Mendem Pedagingan di Pura Subak Lungatad diisi oleh berbagai prosesi seperti Pecaruan dan lain sebagainya. Bapak Wakil Walikota Denpasar, I.GN Jaya Negara juga turut Mendem Pedagingan di Pelingih Ida Bhatara Sri. Upacara dipuput oleh Ida Begawan Wiweka Dharma Dalem Tarukan Grya Monang- Maning,” ujar Maja. Ditambahkannya, sejumlah bagian Pura Subak Lungatad yang direnovasi adalah Candi Bentar Pura, Penyengker Pura Ulun Suwi, Palinggih Batara Ulun Suwi, Padma dan Piasan Pura. “Pembangunan telah dimulai sejak 16 Juli yang lalu” Ungkap Maja. *** Cahayamasnews.com/HmsDps/Esa.

Facebook Comments