News

Desa Penglumbaran, dan Desa Peninjoan Duta Bangli Dinilai Tim Provinsi, Wagub Sedana Arta Minta Hilangkan Budaya Rekayasa

BANGLI (CAHAYAMASNEWS). Sebagai duta Kabupaten Bangli dalam lomba pelaksana terbaik Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga dan Kesehatan (KG-PKK-KKBPK-Kes) dan lomba kegiatan PKK tingkat Provinsi Bali tahun 2019, Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut Bangli dan Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku Bangli, Jumat (15/11/2019) dinilai oleh tim provinsi. Kedatangan tim penilai yang dipimpin Ny. Putri Suastini Koster, disambut langsung oleh Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dan Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta.

Acara yang dipusatkan di Kantor Desa Penglumbaran, juga dihadiri pimpinan OPD terkait, Kepala Desa Penglumbaran Wayan Artawan, Ketua TP PKK Desa Penglumbaran Ny. Suartini Artawan dan PKK Desa Penglumbaran dan Desa Peninjoan. Ketua Tim Penggerak PKK Desa Penglumbaran Ny. Suartini Artawan dalam laporannya menyampaikan, berbagai kegiatan dan inovasi sudah dilakukan PKK Desa Penglumbaran untuk mensukseskan 10 program pokok PKK, di antarannya Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan inovasi senam cuci tangan untuk memasyarakatkan cara cuci tangan yang benar. Kegiatan Posyandu dengan inovasi kunjungan rumah bagi balita yang berhalangan hadir ke posyandu, jimpitan atau iuran setiap bulan yang diperuntukkan sebagai dana sehat.

Bidang Tertib Administrasi dengan inovasi pendataan keluarga dan pemetaan lokasi kader kelompok Dasa Wisma dengan menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Desa dan administasi PKK Desa masuk di website desa, seperti SK Dasa Wisma, Pokja 1, Pokja 2, Pokja 3 dan Pokja 4. Sedangkan pada bidang UP2K, PKK Desa Penglumbaran juga memiliki inovasi mengadakan pelatihan kader UP2K dan memberikan bantuan berupa bibit babi kepada anggota UP2K. Pada kesempatan itu ia juga menjelaskan, beberapa capaian dan pretasi PKK Desa Penglumbaran, diantarannya, juara 1 lomba penyuluh pola asuh anak dan remaja tingkat Provinsi Bali, juara 1 lomba penyuluh kader pola asuh anak dan remaja tingkat Kabupaten Bangli tahun 2017, juara 1 lomba yel-yel PKK tingkat Kabupaten Bangli tahun 2017, juara 1 lomba tertib administrasi PKK tahun 2019 tingkat kabupaten, juara 1 lomba Posyandu tahun 2019 tingkat Kabupaten Bangli dan berbagai penghargaan lainnya.

Wabup Sedana Arta  mengatakan, penilaian pelaksana terbaik KG PKK-KKBPK-Kes tahun ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Tujuannya tiada lain adalah untuk mendorong usaha pembangunan atas dasar tekad dan kekuatan sendiri, serta menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan yang dilaksanakan dalam wujud peningkatan kualitas hidup, tanpa adanya rekayasa. Sebagus apapun sesuatu, kalau ujung-ujungnya dipenuhi rekayasa tidak akan ada artinya, karena rekayasa sama halnya dengan membohongi diri sendiri. Namun ia percaya, apa yang ditampilkan PKK Desa Penglumbaran dan PKK Desa Peninjoan dalam penilaian ini sangat riil dan tidak ada yang dibuat-buat, karena dari tahap seleksi awal, siapa yang terbaik, maka itu yang akan tampil menjadi duta Kabupaten Bangli. “Saya sangat yakin apa yang ditampilkan PKK Desa Penglumbran dan Desa Peninjoan sangat riil tanpa ada rekayasa. Mudah-mudahan dalam lomba ini, duta Bangli bisa menjadi yang terbaik”harapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Tim Penilai Ny. Putri Suastini Koster, ia mengatakan semangat dari penilaian ini adalah pembinaan. Pihaknya berharap, saat mengikuti perlombaan tidak boleh ada rekayasa atau membohongi diri sendiri. Semua peserta harus tampil apa adanya. Ia mencontohkan, saat penilaian HATINYA PKK banyak kasus, malamnya tanah digemburin, ditanami pohon berpolibeg, kemudian ditutup rumput biar rapi. Namun begitu habis penilaian, semua tanaman dicabut lagi. Ini yang tidak kita inginkan, karena spirit dari lomba adalah semua tergerak menuju ke arah yang lebih baik. “Saya tidak ingin ada yang seperti ini (rekayasa). Akan percuma kalau saat penilaian bagus, tetapi sehabis penilaian jelek lagi. Jadi melalui lomba ini kita ingin semua tergerak, semua termotivasi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya. *** Cahayamasnews.com/Agung Natha.

Facebook Comments