News

Penerimaan CPNS Telah Dibuka, Pencari SKCK di Polres Bangli Meningkat

BANGLI (CAHAYAMASNEWS). Meskipun Pemerintah Kabupaten Bangli tahun ini tak membuka formasi CPNS, namun pencari Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Bangli membludak sejak sepekan terakhir, pencari atau pembuat ini terjadi sejak diumumkannya bukaan CPNS tahun 2019 yang prosesnya dibuka pada Senin (11/11/2019) lalu. Alhasil Polres Bangli sejak beberapa hari ini menambah jam pelayanan khusus pencarian SKCK. Masyarakat yang datang mencari SKCK pun harus rela mengantre lebih lama dari hari biasanya. Hal ini dibenarkan oleh Kasubag Humas Polres Bangli, AKP Sulhadi saat dikonfirmasi Senin (18/11/2019).

Menurutnya, biasanya operasional atau pelayanan pengurusan SKCK dibuka dari pukul 08.00 sampai pukul 11.00. Namun beberapa hari terakhir ini, pihaknya sengaja menambah jam pelayanan pembuata SKCK menjadi sampai pukul 13.00. “Biasanya dalam sehari yang datang sekitar 15-an orang. Tapi dalam sekepan terakhir ini jumlah pencari SKCK memang membludak dari 30 sampai 50-an orang setiap harinya,” jelasnya. Dalam proses pencarian SKCK, pihaknya juga mempermaklumkan agar warga yang mengantre lebih lama bisa sabar. Polda Bali menurutnya memiliki sistem pencarian SKCK secara  online. Hanya saja server layanan saat ini sedang dalam perbaikan, sehingga hanya bisa dilakukan dengan manual dan hadir langsung ke Polres masing-masing terdekat.

Lebih lanjut Sulhadi menjelaskan, dalam proses pencarian SKCK, warga diwajibkan untuk membayar Rp 30 ribu yang masuk sebagai Penghasilan Negara Bukan Pajak. Jumlah dan ketentuan biaya pencarian SKCK pun disebutnya sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016, Tentang PNBP. Dirinya pun menjamin tidak ada biaya yang dikeluarkan oleh pemohon dalam pengurusan SKCK. “Pelayanan tetap kami optimalkan, sementara tidak kewalahan,”sebutnya.

Sementara itu Kapolres Bangli AKBP Tri Agus Waluyo mengatakan,  demi memperlancar dan sesuai tuntutan zaman, Polres Bangli sebelumnya anggota telah diberikan  sosialisasi  pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisan (SKCK)  agar semua personel benar-benar dimengerti dan bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat agar SDM Polres Bangli yang unggul sehingga semakin profesional dalam melaksanakan tugas.“Dengan SDM yang mapan ke depan anggota akan lebih profesional dalam melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” ujarnya. *** Cahayamasnews.com/Agung Natha.

Facebook Comments