News

Bencana Pohon Tumbang Mulai Kepung Bangli, DLH Mulai Pangkas Pohon Perindang

BANGLI (CAHAYAMAS-NEWS). Hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi, Sabtu (04/01/0202) dan Minggu (05/01/2020), menimbulkan sejumlah  bencana alam di Kabupaten Bangli. Bencana pohon tumbang terjadi di 4 kecamatan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Informasi yang dikumpulkan, pohon tumbang terjadi di wilayah Kecamatan Tembuku, tepatnya di Dusun Tegalasah Kaja. Dimana, dapur dan kandang ayam milik I Wayan Laba (63) tertimpa pohon tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, melainkan hanya menderita kerugian mencapai kurang lebih Rp. 50 juta.

Kecamatan Bangli, di Kelurahan Kubu, sebuah pohon kelapa tumbang  dan menimpa bangunan gudang Jro Mangku Pucak (69). Akibat dihantam pohon kelapa ukuran besar, membuat bangunan mengalami keruskan hingga membuat korban merugi Rp. 10 juta. Sementara di Desa Sulahan, juga terjadi pohon tumbang.  Pohon jempinis  tumbang menimpa tiang listrik dan atap warung milik Jro Mangku Bujangga asal Tanggahan Peken, Desa Sulahan. Sementara Sabtu malam, angin kencang yang melanda wilayah Kintamani juga mangakibatkan kayu hutan milik BKSDA bertumbangan sehingga menggangu arus lalu lintas Penelokan-Desa Suter.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangli I Ketut Gede Wiredana didampingi Kasi Logistik dan Kedaruratan I Ketut Agus Sutapa  saat dikonfirmasi  Minggu (05/01/2020) membenarkan adanya kejadian tersebut. Dikatakan, pasca kejadian pihaknya bersama Team Reaksi Cepat (TRC) Dinas Pekerjaan Umum Bali, TNI, dan jajaran Polres  Bangli telah melakukan penanganan. “Kita telah turun bersama aparat TNI, Polri, dan petugas PU untuk mengevakuasi ranting maupun dahan pohon yang tumbang.  Pasca kejadian arus lalin sempat terganggu,” katanya.

Sementara di tempat terpisah, Kadis BLH Kabupaten Bangli Ida Ayu  Gde Yudi Sutha mengatakan, untuk menghindari bahaya pohon tumbang sebagai dampak cuaca ekstreem, pihaknya mulai melakukan pemangkasan pohon perindang di sepuaran Kota Bangli dan ruas jalan lainnya. Bahkan, petugas  Dinas Lingkungan Hidup, kini siap melakukan pemangkasan pohon perindang ke desa-desa. “Beberapa pohon di Kota Bangli telah kita pangkas, petugas pun telah bergerak ke desa-desa terutama yang amergency,” ujarnya. *** Cahayamasnews.com/Agung Natha.

Facebook Comments