News

Kapolres Karangasem Pimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana, Masyarakat Dihimbau Tingkatkan Kewaspadaan

KARANGASEM (CAHAYAMAS-NEWS). Bertempat di Aula Dhira Brata Polres Karangasem berlangsung giat Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana alam. Dalam kegiatan tersebut hadir Kapolres Karangasem AKBP NI NYOMAN SUARTINI, S.I.K., M.M.Tr., PJU Polres Karangasem, Kapolsek jajaran Polres Karangasem, Pjs Pasi Ops Kodim 1623 Karangasem LETDA INF I KETUT GEDUR, Kordinator Pos SAR Karangasem I GST NGURAH EKA, Kepala Pelaksana BPBD IDA BAGUS KETUT ARIMBAWA, Dinas Perhubungan Kab. Karangasem IDA BAGUS PT SUASTIKA. Sabtu (4/1/2020) pukul 09.00 Wita

Dalam rapat tersebut disampaikan beberapa hal terkait bencana alam dan penanggulangannya BPBD kab. Karangasem menyampaikan, untuk penanganan tanah longsor di seputaran Sang Hyang Ambu telah ditanggulangi dengan gorong-gorong. Untuk longsor di Wilayah Brina Kec. Abang, titik luasnya tidak terlalu besar, Banjir Bandang di Kec. Kubu mengakibatkan banyaknya material pasir dan batu dari lereng Gunung Agung, di Desa Seraya terdapat lima titik rawan banjir Gunung Agung. Untuk giat pendakian Gunung Agung sudah dipasang rambu pelarangan pendakian, namun masih disinyalir adanya aktivitas pendakian, dan disediakan tim teknis 24 jam untuk siaga pohon tumbang di jalur nasional.

Sementara Basarnas Kabupaten Karangasem menyampaikan Apabila dari pihak BPBD memerlukan bantuan agar menghubungi pihak Basarnas karena Pihak Basarnas juga memiliki alat penanggulangan bencana, jumlah personil yang disiapkan Basarnas berjumlah 12 Orang dan seluruh peralatan siap dipergunakan. Di sisi lain, Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem menyampaikan, pihak Perhubungan siap membantu jika terjadi bencana alam di jalan, dan siap memasang rambu-rambu yang diperlukan. Mengenai atensi lampu jalanan sudah disiapkan selama 1 x 24 jam, sudah melakukan koordinasi dengan pihak PLN dan DLH. Pada kesempatan itu, pihak Dishub mengusulkan dibuatkannya grup WA agar pergerakan lebih cepat.

Dari pihak TNI menyampaikan, TNI sudah menyiapkan personil untuk digerakkan serta menyiapkan armada truk dan alat berat. Kapolres Karangasem menyampaikan ucapan terima-kasih atas kehadiran dalam rapat koordinasi penanggulangan bencana. Terkait beberapa penyampaian dan usulan agar segera membuat grup WA, tanpa komando semua langsung bergerak. Mohon untuk pihak Dishub agar memasang rambu-rambu yang dibutuhkan. Kapolsek agar segera mensosialisasikan kepada masyarakat apabila debit hujan lebih dari 6 jam masyarakat harus sudah siaga, jika hujan lebih dari 12 jam sudah pasti akan terjadi bencana.

Untuk Kapolsek Selat saya minta untuk menindaklanjuti penyampaian dari pihak BPBD terkait masih adanya para pendaki Gunung Agung yang tidak mengindahkan peringatan. Para Kapolsek agar segera memetakan titik rawan bencana, dan untuk semua instansi agar menyiagakan semua personilnya,” ujar Kapolres Karangasem. Kabag Ops Polres Karangasem juga menyampaikan, agar seluruh perlengkapan disiapkan dan disiagakan serta dicek kondisinya agar bila diperlukan sudah siap digunakan, agar menyiapkan alat berat di daerah rawan bencana. Untuk Posko Bencana terdapat di Commed Contre Polres Karangasem. Kapolsek Selat menyampaikan, salah satu pemandu yang sebelumnya membandel, namun sekarang sudah bisa diajak bekerja sama, dan sudah dibuat grup untuk bencana Karhutlah. Giat berlangsung dengan aman,tertib dan lancar hingga berakhir pukul 09.30 Wita. *** Cahayamas-News.com/HmsPolres Karangasem/Dayuiing.

Facebook Comments