Bali

Meretas Visi Misi Bulian Maju, Kades I Made Sudirsa Kerahkan SDM Kreatif Berencana

BULELENG (CAHAYAMAS-NEWS). Kerja keras, lurus dan terukur, dijadikan komitmen bagi Kepala Desa Bulian I Made Sudirsa dalam meretas Visi dan Misi Bulian Maju yang digelindingkan ke masyarakat saat perhelatan Pilkel serentak kabupaten Buleleng 2019 di gelar. Mengusung komitmen ucap Sudirsa, memang tidak gampang dan perlu konsensus yang jelas. Walau demikian Kades pensiunan AKBP Purnawirawan itu tidak main-main dalam memerankan diri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat Bulian. Justru ia bisa memulai bersama jajarannya di kantor kepala desa Bulian tatkala menapaki tugas perdana Kepala Desa. Memang dalam hitungan hari sejak pertama kali masuk kantor 2 Januari 2020, I Made Sudirsa yang kerap didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bulian Nyonya Fernanda Sudirsa, sudah menorehkan semangatnya mengurai Visi dan Visi yang ia usung sepenuh hati.

Berbekal dengan kepercayaan diri bahwa ia memang komit untuk menggarap kemiskinan di Bulian, Kades bersama jajarannya turun ke lapangan untuk melihat sekaligus memberi bantuan pangan kepada para warga yang hidup di bawah garis ketidakwajaran. Seraya  meyakinkan bahwa mereka yang tergolong tidak mampu pun masih punya peluang untuk mendukung terlaksananya pembangunan desa, Sudirsa tidak segan-segan merangkul warganya agar tetap percaya diri. Sebuah multi even yang digagas Kades I Made Sudirsa bersama para Kepala Urusan dan Kelian Dusun, pada Minggu 12 Januari 2020, menjadi saksi peristiwa berintegrasinya masyarakat Bulian untuk mengajegkan “Bulian Yang Mebulihan”.

Di dalamnya ada penguatan budaya gotong-royong bersama seluruh lapisan masyarakat  hingga ke dudun-dusun yang dikawal para Kelian Banjar Dinas. Khusus untuk warga di Banjar Dinas Dangin Margi dan Dauh Margi, diarahkan untuk pembersihan dan pemerataan permukaan tanah alun-alun Bulian yang terdapat di sebelah Utara kantor Kepala Desa. Dengan demikian kepada masyarakat diminta membawa karung sampah, sepit sampah, sapu, cangkul, sabit atau sejenisnya. Langkah ini  menurut Kepala Desa Bulian I Made Sudirsa merupakan  upaya mewujudkan  Desa Bulian yang bersih, rapi, indah, dan sehat untuk mencapai Bulian Maju.

 

Menuju Bulian Sehat Lahir Batin

Sebagai Kepala Desa yang prihatin dengan kondisi warga yang derajat kesehatannya kurang srandar, I Made Sudirsa bersama Ketua Tim Penggerak PKK Nyonya Fernanda Sudirsa, tanpa ragu lagi melakukan sebuah gerakan untuk para lanjut usia (lansia). Tak sebatas mendatangi keluarga yang di dalamnya terdapat warga lemah kondisi dengan memberi sumbangan berupa sembako dan penanganan masalah kesehatan. Namun juga memberi kesempatan untuk para lansia terlibat dalam kegiatan massal berupa senam jantung sehat dengan melibatkan staf Pemdes Bulian, Murid Sekolah Dasar beserta para guru di kedua SD yang terdapat di Desa Bulian.

Guna mendukung derajat kesehatan masyarakat, pihak Tim Penggerak PKK Desa Bulian yang dibantu Srikandi Bulian, memberikan asupan gizi dengan menyuguhkan snack tradisional dan bubur kacang ijo. Melalui kegiatan tersebut, integrasi masyarakat akan menjadi semakin kuat sekaligus membudayakan “Paras paros sagilik saguluk sabayan taka”. Ini penting buat Desa Bulian, karena untuk menguatkan “Bulian Mebulihan” harus berawal dari rasa kebersamaan, tanpa memandang warna, treh kelompok, dan keyakinan. Jika semua itu bisa terwujud, Sudirsa yakin Bulian akan kembali seperti fitrahnya, yang memiliki tradisi dan dresta yang tiada duanya, sehingga tercipta pencitraan desa yang sesuai dengan nafas Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dibentengi Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. *** Cahayamas-News.com/DEMAL.

Facebook Comments