Pendidikan

Antisipasi Siswa Bolos SMKN 1 Sawan Berlakukan Larangan Parkir di Rumah Warga

BULELENG (CAHAYAMASNEWS). SMK Negeri 1 Sawan Kecamatan Sawan Buleleng  terus berbenah.  Ditengah berlangsunya rapat khusus bersama jajaran Komite Sekolah,  Kasek Made Rasta, M. Pdh., Selasa (4/1) dengan tegas mengatakan, tidak ada lain harus komit menegakan disiplin, walau dari segi akademik tidak semua siswa hebat. Mengingat SMKN 1 Sawan lebih mengutamakan disiplin maka soal akademik masih ada toleransi.  Kini untuk mengantisipasi siswa bolos karena memarkir sepeda motor di rumah-rumah warga dekat sekolah, maka kini pihak SMKN 1 Sawan tidak lagi mengijinkan siswa memanfaatkan halaman rumah warga sebagai lahan parkir. 

Ditanya soal ada tidaknya pungutan retribusi ketika parkir di rumah warga? Made Rasta tidak berani menuduhnya. Namun ucap Kasek Smeksa itu, warga yang ditumpangi parkir ada yang mengatakan keluarganya. Jika ada warga yang memungut dana atas lahan yang dimiliki, maka itu tidak dibenarkan bahkan bisa diindikasikan pungli karena soal parkir dan tempat yang dirunjuk sudah diatur dengan perda. Dengan melarang siswa parkir di rumah warga, dipastikan akan mampu menangkal siswa yang memiliki kebiasaan bolos sekolah.

Konsekuensinya begitu kata Made Rasta harus bisa menyiapkan lahan parkir dan itu bisa karena SMKN 1 masih memiliki lahan mencukupi untuk kebutuhan parkir. Hanya saja tempat parkir tersebut harus dinaungi jaring hitam agar tidak panas. Kini ditengah kesiapan PPDB pihak sekolah harus memiliki kerja sama yang jelas dengan pihak Desa Adat Menyali yang memiliki lokasi di desa itu.  Khusus untuk kesiapan lomba UKS tahun 2020, Made Rasta menegaskan harus siap, dan harus ada revolusi kebijakan untuk mendukung kegiatan lomba dimaksud.

Soal habisnya masa jabatan komite, harus diperpanjang. Sementara menyikapi masalah kantin yang masih menjual makanan dengan berbungkus plastik harus dilarang. Terkait hal itu,  Ketua Komite Gede Budasi berharap, agar ada studi banding ke sekolah yang kantin sekolahnya termasuk baik. Sebagai perbandingan dan bisa dijadikan acuan. *** Cahayamasnews.com/ (MALIASA).

Facebook Comments