News

Partisipasi Polri Cegah Bencana Alam, Polres Karangasem Tanam Ratusan Bibit Pohon Libatkan Anak Sekolah

AMLAPURA (CAHAYAMASNEWS). Sebagai partisipasi Polri dalam upaya mencegah bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, serta mengurangi polusi udara sehingga memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup lainnya. Kegiatan penanaman pohon ini juga sebagai implementasi arahan Program Penghijauan dari Kapolri, Polres Karangasem bersama anak sekolah melakukan penanaman pohon yang mengambil tempat di Banjar Dinas Bukit Paon, Des. Bhuana Giri, Kec. Bebandem. Selasa (11/2/2020). Pukul 07.30 Wita. Bibit pohon yang ditanam di antaranya;  bibit pohon Matua, Jambu biji, bibit Mahoni, dan bibit pohon kelapa.

Kegiatan dipimpin langsung Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, S.I.K., M.M.Tr., didampingi Wakapolres Karangasem Kompol Aris Purwanto, S.H., S.I.K., M.H., bersama Pejabat Utama Polres Karangasem, Danramil 1623 Bebandem Kapten Infantri I Wayan Jaya Antara bersama anggota, Kapolsek Bebandem AKP I Wayan Sukarita. S. Sos., bersama anggota, Camat Bebandem Dra. Gusti Ayu Wija Sri Anjani bersama staf, Staf Puskesmas Bebandem, Perbekel Sekecamatan Bebandem bersama staf, masyarakat Br. Dinas Bukit Paon, Desa Bhuana Giri, Siswa SMA N 1 Bebandem, Siswa SMK N 1 Bebandem dan Siswa SMP N 3 Bebandem.

Kapolres Karangasem menyampaikan ucapan terima-kasi atas kepedulian masyarakat Kecamatan Bebandem dan semua komponen yang hadir. Penanaman pohon tersebut dilakukan di wilayah rawan longsor seperti di wilayah ini merupakan daerah galian maka perlu kiranya di adakan penanaman pohon untuk mengantisifasi terjadi longsor di kemudian hari. “Semoga ke depannya pohon yang kita tanam dapat bermanfaat untuk anak cucu kita dan masyarakat luas, setelah ditanam pohon ini dibutuhkan perawatan agar bisa tumbuh subur dan membuahkan hasil yang baik untuk generasi kita ke depan, penanaman bibit pohon ini dilakukan di tanah milik Banjar Adat Bukit Paon seluas kurang lebih 1 hektar dan dengan jumlah bibit pohon mencapai  250 bibit pohon,” ujarnya.

Gerakan Polri Peduli Penghijauan merupakan salah satu aksi konkrit dan upaya nyata yang dilakukan secara serentak dan berkesinambungan di seluruh Indonesia untuk memulihkan kondisi alam sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk menanam pohon dan merawatnya. Diharapkan, dengan adanya penghijauan, udara akan menjadi bersih, karena pohon merupakan penghasil oksigen yang dibutuhkan untuk bernafas dan juga untuk mencegah bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, serta juga untuk mengurangi polusi udara sehingga memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup lainnya.

“Semoga acara penanaman pohon hari ini mampu memberikan motivasi dan pemahaman masyarakat terutama generasi muda akan pentingnya kelestarian alam dan keberlangsungan bagi semua makhluk hidup di dunia ini,” ucap Kapolres Karangasem bertutur. Sementara itu Kepala Desa Bhuana Giri Ir. I Nengah Diarsa mengaku sangat mengapresiasi dan sekaligus mendukung kegiatan ini dan berterima-kasih sudah mengajak untuk ikut bersama-sama melaksanakan kegiatan penghijauan ini. “Kegiatan ini sangat bagus, karena dapat menciptatakan lingkungan yang asri, sejuk, lestari, dan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup kita, termasuk juga dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat kami agar menyayangi alam dan lingkungan sekitar,” ucap I Nengah Diarsa. *** Cahayamasnews.com/ Andi Perdana 41 (Hms Polres Karangasem).

Facebook Comments